Untar untuk Indonesia
Akademisi

Platform akademisi Universitas Tarumanagara guna menyebarluaskan atau diseminasi hasil riset terkini kepada khalayak luas untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Memaknai Pendidikan Kewirausahaan yang Tak Pernah Tuntas

Kompas.com - 01/12/2021, 13:08 WIB
Ilustrasi UMKM makanan dan minuman, umkm adalah, apa itu umkm, kepanjangan umkm, arti umkm, contoh umkm, singkatan umkm, pengertian umkm, umkm artinya Dokumentasi Biro Komunikasi KemenparekrafIlustrasi UMKM makanan dan minuman, umkm adalah, apa itu umkm, kepanjangan umkm, arti umkm, contoh umkm, singkatan umkm, pengertian umkm, umkm artinya

Oleh: Frangky Selamat*

KEWIRAUSAHAAN atau entrepreneurship. Sebuah kata "seksi" yang selalu menarik dikaji dalam berbagai sudut pandang, dari akademisi, praktisi bisnis hingga politisi.

Jika dikaitkan dengan perekonomian bangsa maka tak pelak lagi kewirausahaan harus disebarluaskan dan diaplikasikan ke segala kalangan terutama generasi muda.

Kewirausahaan bagaikan obat bagi berbagai penyakit ekonomi. Di sini pendidikan kewirausahaan mengambil peran.

Pendidikan kewirausahaan pun menjadi keniscayaan. Dari tingkat sekolah dasar, bahkan taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi.

Baca juga: Gelar UMKM Export, BRI Targetkan Transaksi 65 Juta Dollar AS

Dalam beragam versi semua ingin mengajarkan kewirausahaan kepada peserta didik.

Kemendikbudristek pun telah memasukkan kegiatan kewirausahaan sebagai bagian dari delapan kegiatan yang dapat dipilih mahasiswa dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Namun, adakah kesepakatan mengenai arti pendidikan kewirausahaan yang dimaksud?

Dalam bahasa Inggris terdapat dua istilah terkait pendidikan kewirausahaan yaitu entrepreneurship education yang selama ini dikenal dan enterprise education.

Yang pertama terkait dengan penciptaan sikap kemandirian, sementara enterprise education terkait dengan penciptaan individu pencari peluang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.