Menkop UKM: Solo Technopark Bisa Jadi Silicon Valley Indonesia

Kompas.com - 06/12/2021, 21:28 WIB
Shopee Creative & Innovation Hub dan Garena Gaming & Community Hub merupakan fasilitas baru di Solo Technopark yang diresmikan pada Senin (6/12/2021) dok. ShopeeShopee Creative & Innovation Hub dan Garena Gaming & Community Hub merupakan fasilitas baru di Solo Technopark yang diresmikan pada Senin (6/12/2021)

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan digital memungkinkan pelaku usaha kecil dan menengah mengembangkan bisnis. Banyak kemudahan dan kesempatan yang dapat diraih dengan melakukan digitalisasi.

Mendukung digitalisasi tersebut, Walikota Solo Gibran Rakabuming bersama Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meresmikan 2 fasilitas terbaru di Solo Technopark yaitu Shopee Creative & Innovation Hub dan Garena Gaming & Community Hub, Senin (6/12/2021).

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, fasilitas ini akan menjadi katalis tumbuhnya banyak wirausaha baru, khususnya anak muda. dia menjelaskan dengan demografi Indonesia saat ini, diharapkan anak-anak muda dapat menjadi motor penggerak ekonomi digital Indonesia.

Baca juga: Apa Saja Fasilitas yang Ada Shopee Solo Creative & Innovation Hub?

“Saya optimis dari tempat ini akan hadir anak-anak muda yang kreatif dan melahirkan generasi yang inovatif dengan hadirnya tempat yang nyaman dengan fasilitas yang dapat dimanfaatkan. Sehingga semoga Solo Technopark ini bisa menjadi Silicon Valley Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Gibran Rakabuming mengatakan fasilitas Shopee Creative & Innovation Hub ini juga akan membawa dampak yang sangat besar bagi pemuda di kota Solo. Begitu juga dengan hadirnya Garena Gaming & Community Hub yang akan menjadi sarana bagi pengembangan potensi e-sports.

“Fasilitas ini akan membawa dampak besar bagi anak muda di kota Solo. Kita akan lihat semakin banyak UMKM yang naik kelas dan industri kreatif juga akan dikomandoi oleh anak-anak muda,” katanya.

Gibran mengatakan hadirnya Shopee ini akan semakin memperkuat keberadaan Solo Technopark sebagai ikon dari pusat inovasi dan vokasi yang memadukan unsur pengembangan Iptek, kebutuhan pasar, industri dan bisnis Untuk penguatan daya saing daerah.

Baca juga: Resmikan 2 Fasilitas Baru di Solo Technopark, Gibran Yakin Akan Bawa Dampak Besar

Fasilitas ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM dan industri kreatif untuk mengembangkan ide, membangun jaringan hingga saling berbagi ilmu di antara komunitas. Fasilitas ini juga menyediakan co-working space dengan fasilitas jaringan internet gratis yang dapat digunakan oleh pelaku UMKM dan industri kreatif secara gratis.

Direktur Eksekutif Shopee, Handhika Jahja berharap hadirnya fasilitas ini bisa menjadi katalis bagi pelaku UMKM dan industri kreatif.

“Kami berharap fasilitas ini dapat dimanfaatkan, khususnya pelaku UMKM dan industri kreatif yang membutuhkan tempat untuk bekerja dan berkolaborasi,” jelasnya.

Handhika juga mengatakan telah menyiapkan rangkaian kegiatan yang akan dipusatkan di Shopee Creative & Innovation Hub. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memancing para pelaku di industri kreatif untuk dapat memanfaatkan fasilitas ini.

Peresmian ini juga ditandai dengan event Pekan Kreasi Shopee yang menghadirkan bazar dan pameran pelaku UMKM lokal. Setidaknya ada 30 UMKM yang terlibat dalam acara yang digelar pada tanggal 4 hingga 6 Desember 2021. Pekan Kreasi Shopee ini juga menghadirkan beragam kompetisi seperti Dance, Graffiti hingga Free Fire Competition yang dimotori oleh komunitas setempat.

Baca juga: Shopee Buka Kantor di Solo, Gibran: Ini Momentum untuk Pulihkan Ekonomi

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Menteri Teten: Solo Technopark Bisa Jadi Silicon Valley

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.