Jelang Tutup Tahun, ICDX Catat Rekor Transaksi Timah Lebih dari Rp 13 Triliun

Kompas.com - 07/12/2021, 18:01 WIB
Salah satu bursa timah dalam negeri ICDX dengan kantor perwakilan di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung. KOMPAS.COM/HERU DAHNURSalah satu bursa timah dalam negeri ICDX dengan kantor perwakilan di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung.

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX) Group kembali mencatatkan rekor nilai transaksi komoditi unggulan Indonesia, timah, yang mencapai lebih dari Rp 13 triliun.

Harga timah ICDX mencetak rekor harga tertinggi yakni 41.000 dollar AS pada akhir November lalu, di atas harga timah London Metal Exchange (LME).

Selain itu, hingga awal Desember ini, transaksi bilateral ICDX mencapai 8,02 juta lot settled.

Baca juga: ICDX dan ICH Kantongi Izin Bappebti Selenggarakan Pasar Fisik Emas Digital

ICDX mencatat emas, valuta asing, dan crude oil masih menjadi produk yang paling banyak diminati.

Hal ini terlihat dari produk dengan nilai transaksi terbesar yakni emas sebesar 3,9 juta lot settled, diikuti oleh valuta asing sebesar 2,6 juta lot settled, dan crude oil 593.527 lot settled.

“ICDX memperkirakan hingga akhir tahun dapat mencapai 8,5 juta lot. Kami menyadari bahwa hal tersebut juga tidak lepas dari dukungan para anggota kami yang terdiri dari pialang dan pedagang. Oleh karena itu, kedepannya kami akan fokus untuk pengembangan pasar dan sinergi industri,” kata Vice President of Membership ICDX, Yohanes F Silaen dalam siaran pers, Selasa (7/12/2021).

Yohanes mengatakan, salah satu pialang dengan transaksi tertinggi adalah PT Global Kapital Investama Berjangka & PT Monex Investindo Futures.

Keduanya merupakan pialang yang transaksinya mendekati dan di atas satu juta lot.

Baca juga: Capai 37.760 Dollar AS per Metrik Ton, Harga Timah Sentuh Rekor Tertinggi

Pada dasarnya produk yang ditransaksikan dalam perdagangan bilateral merupakan produk derivatif atau produk turunan yang mengacu ke produk yang ditransaksikan di bursa luar negeri.

Kebanyakan produk tersebut merupakan produk-produk yang populer dan sudah ditransaksikan secara luas secara global.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.