Prospek Terhadap Ekonomi Kian Membaik, Keyakinan Konsumen Terus Meningkat

Kompas.com - 08/12/2021, 17:00 WIB
Ilustrasi konsumen Thinkstockphotos.comIlustrasi konsumen

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil survei Indeks Keyakinan Konsumen yang dirilis Bank Indonesia (BI) menunjukkan peningkatan pada November dibandingkan pada Oktober.

Ini selaras dengan membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini.

Hasil survei Indikasi Keyakinan Konsumen (IKK) yang dirilis BI menunjukan, nilai keyakinan konsumen pada November berada pada level 118,5, lebih tinggi dari 113,4 pada Oktober 2021.

Baca juga: Survei: 73 Persen Konsumen RI Menilai Belanja Online Lebih Mudah Dibandingkan Belanja di Toko

Pada November 2021, IKK mengalami kenaikan pada seluruh kelompok pengeluaran dan usia responden.

Sementara itu, dari sisi spasial, peningkatan keyakinan konsumen pada November 2021 tercatat di hampir seluruh kota yang disurvei, dengan kenaikan tertinggi terjadi di Pontianak (25,5 poin), Palembang (15,6 poin), dan Mataram (14,6 poin).

"IKK November 2021 yang meningkat terutama didorong oleh membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, tercermin dari Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) sebesar 99,2 yang meningkat dari 91,8 pada bulan sebelumnya," tulis BI, Rabu (8/12/2021).

Meskipun mengalami pertumbuhan, IKE pada November 2021 masih berada pada area pesimistis.

Kenaikan IKE utamanya disebabkan oleh membaiknya aktivitas ekonomi dan penghasilan masyarakat, sejalan meningkatnya mobilitas seiring berlanjutnya pelonggaran pembatasan mobilitas.

Baca juga: GoPay Perkuat Edukasi Literasi Digital dan Sistem Keamanan Transaksi demi Lindungi Konsumen

Selain itu bank sentral mencatat, kenaikan IKE didorong oleh kenaikan seluruh komponen pembentuknya, terutama pada Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja dan Indeks Penghasilan Saat Ini yang naik masing-masing sebesar 9,7 dan 7,8 poin menjadi 96,3 dan 108,3.

"Ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi mendatang juga tercatat membaik ditopang kenaikan pada seluruh indeks pembentuknya, dengan peningkatan tertinggi pada indeks ekspektasi kegiatan usaha," tulis BI.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.