Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tahun Jadi YouTuber, Berapa Kisaran Penghasilan David GadgetIn Kini?

Kompas.com - 17/12/2021, 19:38 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Muhammad Idris

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kanal YouTube GadgetIn merupakan kanal yang membahas seputar teknologi. Pemiliknya adalah YouTuber Indonesia bernama David Brendi. Berapa gaji Youtuber David GadgetIn?

Baca juga: Ini Sosok Ciliandra Fangiono, Jadi Pemuda Terkaya Indonesia gara-gara Warisan Bisnis Sawit Ayahnya

Para pecinta gadget yang sering melihat review gadget di kanal David GadgetIn pasti tidak asing dengan kalimat "Halo guys, David di sini," yang sering diucapkan oleh YouTuber Indonesia ini tiap kali memulai videonya.

Baca juga: Daftar 10 Orang Terkaya RI yang Makin Tajir Saat Pandemi, Pemilik Grup Djarum Masih Nomor Satu

David Brendi merupakan YouTuber Indonesia asal Palembang. David GadgetIn pertama kali mengunduh video berjudul "Indonesia Review Xiaomi Mi3" di kanal YouTube-nya pada 12 Desember 2014.

Baca juga: Kisah Pemuda Tang dan Fang, Masuk 10 Besar Anak Muda Terkaya Dunia gara-gara Aplikasi Pengiriman Makanannya Laris Manis Saat Pandemi

Kini David GadgetIn memiliki pengikut di kanal YouTube-nya sebanyak 8,34 juta subscribers. Berdasarkan data Social Blade, pertumbuhan subscribers kanal GadgetIn naik 20 persen atau 180.000 selama sebulan terakhir.

Baca juga: 10 Gaji Youtuber Indonesia dengan Penghasilan Tertinggi

Selain itu, pada data Jumat (17/12/2021), total tayangan kanal YouTuber Indonesia ini meningkat 9,9 persen selama sebulan, menjadi sebanyak 51,25 juta tayangan.

Baca juga: Tanahnya Dilelang Negara, Tommy Soeharto Malah Bangun Lapangan Golf 87 Hektar

Belakangan konten video kanal David GadgetIn tidak melulu membahas tentang teknologi tetapi juga mengenai review barang aneh yang dia beli di e-commerce dan review mystery box. Kedua kontennya ini ternyata mendapatkan banyak penonton.

Misalnya, video review mystery box yang berjudul 'Ngeluarin duit 10 juta demi beli kotak yang isinya ga jelas!' telah ditonton lebih dari 3,35 juta tayangan dalam waktu lima hari.

Kemudian video review barang aneh yang dibeli di e-commerece berjudul 'Beli barang aneh yang dijual online Episode 20!' telah ditonton 2,1 juta kali tayangan dalam waktu 13 hari.

Baca juga: Profesi dengan Risiko Besar, Berapa Gaji Pilot Per Bulan?

Jika David GadgetIn mampu mengeluarkan uang jutaan untuk modal membuat kontennya, berapa gaji YouTuber David GadgetIn ini ya?

Mengutip situs Social Blade, gaji YouTuber Indonesia ini mencapai 12.800 hingga 205.000 dollar AS atau setara Rp 184 juta hingga 2,94 miliar per bulannya. Sementara gaji YouTuber Indonesia ini per tahunnya sejumlah 153.700 hingga 2,5 juta dollar AS setara Rp 2,20 miliar hingga Rp 35,9 miliar.

YouTuber Indonesia, Berapa gaji David GadgetIn?Tangkapan layar akun Instagram David GadgetIn. YouTuber Indonesia, Berapa gaji David GadgetIn?

Sangat besar sekali bukan gaji YouTuber Indonesia satu ini. Jadi tidak heran jika berani mengeluarkan puluhan juta untuk modal membuat konten YouTube. Toh hasilnya berkali lipat dari uang yang dikeluarkan.

Saat ini kualitas video kanal YouTuber Indonesia David GadgetIn ini sudah semakin bagus dari sisi kualitas gambarnya, kualitas suaranya, teknik review, dan editan videonya.

Sangat berbeda jauh jika dibandingkan dengan video pertamanya dulu. Sebab saat ini David GadgetIn sudah memperbantukan beberapa karyawan untuk pengambilan video dan editingnya.

Kanal David GadgetIn ini menempati peringkat ke-46 di kalangan YouTuber Indonesia dan peringkat ke-24 untuk kanal YouTube teknologi. Meski bukan satu-satunya kanal YouTube teknologi, tapi David GadgetIn mampu menjadi salah satu yang terbesar.

Berbagai perusahaan juga sering bekerja sama mengiklankan produknya di kanal David GadgetIn seperti e-commerce terbesar Tokopedia. David GadgetIn juga beberapa kali dipinjami produk teknologi berharga mahal untuk direview di kanalnya.

Baca juga: Berapa Gaji Dokter di Indonesia?

Menjadi YouTuber Indonesia merupakan peluang bisnis yang besar mengingat penduduk Indonesia yang sangat banyak. Apalagi sekarang hampir semua orang Indonesia  dari berbagai kalangan mengakses platform YouTube. Jadi apakah kamu tertarik mengikuti jejak David GagetIn?

Namun, karena persaingannya yang tidak mudah memang membutuhkan konsistensi dan motivasi yang tinggi untuk memulai karir sebagai YouTuber Indonesia, YouTuber sekelas David GadgetIn pun butuh waktu sekitar lima tahun sampai kanal YouTube-nya sebesar sekarang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com