XL Axiata Bersiap Lakukan Rekayasa Trafik Data, Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 21/12/2021, 14:20 WIB
Penulis Aprillia Ika
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringannya siap hadapi lonjakan trafik pada libur Natal dan Tahun Baru. Walaupun, diperkirakan banyak masyarakat memanfaatkan momen libur untuk ke luar kota atau ke destinasi wisata. 

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa memperkirakan kenaikan trafik bisa mencapai 5-10 persen dibanding kondisi normal. 

"Dengan asumsi sebagian dari masyarakat akan mulai berani melakukan perjalanan untuk berlibur atau setidaknya pulang kampung. Berarti banyak pelanggan akan menggunakan layanan-layanan data guna membagi pelangalaman selama perjalanan liburannya," kata Gede melalui rilis ke Kompas.com, Selasa (21/12/2021).

Baca juga: XL Axiata Ajak Warga Desa Melek Ekonomi Digital

 

"Sementara itu, kami memperkirakan akses ke layanan video streaming akan meningkat seiring dengan meningkatnya trend berbagi dokumentasi video baik secara langsung atau melalui media sosial."

Tahun sebelumnya saat masih berlaku pembatasan mobilitas ketat, di masa libur Natal dan Tahun Baru, trafik layanan XL Axiata selalu naik, terutama layanan data yang naik 3 persen dibanding hari biasa. 

Untuk memastikan pelanggan mendapatkan layanan yang terbaik, XL Axiata telah menyiapkan jaringan dengan kapasitas sebesar dua kali lipat dari hari normal.

Baca juga: Gaet Nasabah Lebih Banyak, MNC Bank Gandeng XL Axiata

Kota-kota rawan lonjakan trafik

 

Tim XL Axiata juga sudah mengidentifikasi kota-kota yang rawan dengan lonjakan trafik, selain juga fokus di area residensial. Kota-kota tersebut terutama yang berada di jalur utama mudik, seperti Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, hingga Surabaya dan Malang. Selain itu juga Merak, Bandar Lampung, hingga Palembang di jalur Jawa ke Sumatera.

Tim XL Axiata juga sudah menyiapkan rekayasa pengalihan atau pemecahan trafik jika terjadi kepadatan di suatu area.

Dengan demikian, lonjakan trafik di suatu lokasi tidak akan menyebabkan penurunan kualitas layanan kepada pelanggan.

Baca juga: Dikabarkan Caplok Saham Link Net, Ini Respons XL Axiata

 

Selain itu, performa jaringan data juga akan terbantu oleh selesainya fiberisasi di ratusan kota di berbagai daerah, baik di sebagian besar Jawa dan luar Jawa.

Selanjutnya, persiapan lain berupa pengerahan tidak kurang dari 16 unit mobile BTS (MBTS) di berbagai titik lokasi yang membutuhkan dukungan penguatan kualitas sinyal, terutama di wilayah Sumatera, Jawa, Bali, dan Lombok.

Titik-titik lokasi yang dimaksud antara lain meliputi jalur transportasi utama, lokasi tujuan wisata, pusat keramaian, hingga terminal bus, stasiun kereta, serta bandar udara.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.