Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu BCA dengan Mudah dan Simpel

Kompas.com - Diperbarui 26/05/2022, 18:33 WIB
Nur Jamal Shaid,
Muhammad Idris

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Central Asia Tbk atau BCA adalah bank swasta terbesar di Indonesia. Sebagai bank dengan nasabah yang banyak, BCA terus menghadirkan layanan dan inovasi terkait transaksi keuangan. Salah satunya adalah layanan cara tarik tunai tanpa kartu BCA.

Cara tarik tunai tanpa kartu BCA (cara tarik tunai tanpa kartu ATM BCA) adalah layanan untuk memudahkan nasabah dalam mengambil dana di ATM. Dengan kata lain, nasabah BCA dapat mengambil uang tabungan di ATM tanpa harus menggunakan kartu debit.

Mengetahui cara tarik tunai tanpa kartu BCA menjadi hal penting. Terutama dalam kondisi darurat seperti saat dompet atau kartu ATM tertinggal, tetapi membutuhkan uang tunai.

Baca juga: APBN Mulai Pulih, Sri Mulyani Perkecil Penarikan Utang dari SBN Rp 263,5 Triliun

Selain itu, cara tarik tunai tanpa kartu BCA juga penting dipahami oleh nasabah. Khususnya nasabah yang masih menggunakan kartu debit berbasis magnetik strip. Karena saat ini, yang bisa digunakan di mesin ATM adalah kartu debit berbasis chip.

Meski begitu, jika nasabah belum menukarkan kartu debit lamanya dengan yang berbasis chip, masih tetap bisa melakukan transaksi. Pasalnya, ada cara tarik tunai tanpa kartu ATM BCA yang bisa dilakukan dengan mudah.

Lalu bagaimana cara tarik tunai tanpa kartu BCA?

Untuk dapat melakukan transaksi tarik tunai tanpa kartu BCA, nasabah hanya perlu mengakses BCA mobile. Lalu mengikuti petunjuk yang tersedia untuk tarik tunai tanpa kartu.

Baca juga: 3 Tips Mudah untuk Mencapai Resolusi Keuangan 2022

Cara tarik tunai tanpa kartu BCA di mesin ATM

Dikutip dari laman resminya, bca.co.id, berikut cara tarik tunai tanpa kartu ATM BCA secara mudah dan praktis:

  • Pertama buka aplikasi BCA mobile
  • Buka menu “Cardless” di BCA mobile lalu pilih “Tarik”
  • Pilih sumber dana, nominal yang akan ditarik.
  • Input PIN mBCA, dan dapatkan 6 digit kode transaksi
  • Cari ATM tarik tunai BCA terdekat
  • Setelah di ruangan mesin ATM, pilih “Transaksi Tanpa Kartu”
  • Masukan no HP BCA mobile Anda dan 6 digit kode transaksi
  • Tarik uangnya dari ATM, selesai!

Cara tarik tunai tanpa kartu BCA di mesin ATM secara mudah dan simpelscreenshoot Cara tarik tunai tanpa kartu BCA di mesin ATM secara mudah dan simpel

Baca juga: IHSG Sesi I Naik Tipis, Rupiah Menguat ke Kisaran Rp 14.300 Per Dollar AS

Cara setor tunai tanpa kartu BCA

Selain tarik tunai tanpa kartu BCA, nasabah juga dapat melakukan setor tunai tanpa kartu ATM. Tentu saja, ini hanya bisa dilakukan di mesin ATM setor tunai atau CDM (Cash Deposit Machine). Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu “Cardless” di BCA mobile.
  • Pilih “Setor” dan pilih rekening yang dituju.
  • Input PIN mBCA, dan dapatkan 6 digit kode transaksi.
  • Cari ATM Setoran Tunai BCA terdekat, pilih “Transaksi Tanpa Kartu”
  • Masukan no HP BCA mobilemu dan 6 digit kode transaksi
  • Setor uangnya di ATM.
  • Pastikan jumlah yang tertera sesuai,
  • Setor tunai tanpa kartu ATM selesai!

Perlu dicatat, kode transaksi yang Anda dapatkan bersifat rahasia. Kode ini hanya berlaku selama satu jam setelah Anda mendapatkan kode tersebut dari BCA mobile.

Baca juga: Pro Kontra Kenaikan UMP DKI Versi Anies, Buruh Senang, Apindo Meradang, Perusahaan Milik Asing Ingin Kerja Tenang

Jadi jangan sampai Anda melewati dari batas waktunya. Meski demikian, jika kode tersebut tidak dipakai, uang Anda tidak akan berkurang.

Cara tarik tunai tanpa kartu BCA di mesin ATM secara mudah dan simpelShutterstock/Pixelicious.id Cara tarik tunai tanpa kartu BCA di mesin ATM secara mudah dan simpel

ATM setor tunai BCA beroperasi selama 24 jam dan hanya menerima uang pecahan Rp 50.000 dan Rp 100.000. Selain itu, ATM setor tunai BCA tidak akan menerima bila kondisi uang rusak.

Demikian informasi seputar cara tarik tunai tanpa kartu BCA serta cara setor tunai tanpa kartu ATM. Bisa dikatakan, cara tarik tunai BCA tanpa kartu sangat mudah dilakukan. Syaratnya cukup memiliki BCA mobile dan terhubung dengan jaringan internet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com