Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Terapkan BI-Fast di Aplikasi Livin' dan Kopra

Kompas.com - 22/12/2021, 20:11 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mulai melakukan uji coba implementasi sistem pembayaran Bank Indonesia Fast Payment atau BI-Fast, setelah sistem itu resmi diluncurkan pada 21 Desember kemarin.

SVP Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri Thomas Wahyudi mengatakan, perseroan tengah melakukan piloting implementasi sistem pembayaran real time itu dengan 20 bank peserta BI-Fast tahap pertama lainnya.

Pada tahap awal, bank dengan kode emiten BMRI itu akan mengimplementasikan BI-Fast pada dua platform perbankan digital andalannya, yakni Livin' dan juga Kopra untuk layanan cash management dan corporate payable.

Baca juga: Mulai Hari Ini Tarif Transfer Antarbank Turun Jadi Rp 2.500

"Implementasi layanan BI-Fast di Bank Mandiri akan dilakukan secara bertahap ke publik," ujar Thomas, kepada Kompas.com, Rabu (22/12/2021).

Dalam implementasinya, Thomas menyebutkan, Bank Mandiri akan mengikuti ketentuan Bank Indonesia (BI) untuk mengenakan tarif BI-Fast kepada nasabah sebesar Rp 2.500 per transaksi.

Kehadiran BI-Fast di Bank Mandiri menambah opsi layanan transaks bagi nasabah. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan minat nasabah perseroan untuk bertransaksi melalui kanal elektronik.

"Diharapkan (BI-Fast) dapat meningkatkan minat nasabah untuk terus bertransaksi secara elektronis, terutama dalam masa pandemi seperti saat ini, dengan biaya yang lebih ekonomis dibandingkan sebelumnya," tutur Thomas.

Untuk memastikan kelancaran implementasi BI-Fast, Thomas bilang, perseroan akan secara aktif berkoordinasi dengan BI, terkait pendampingan teknis infrastruktur sistem pembayaran itu.

"Diharapkan transaksi transfer dapat meningkat signifikan dengan implementasi BI-Fast ini," ucapnya.

Sebagaimana diketahu, BI resmi meluncurkan sistem pembayaran segmen ritel, BI-Fast, pada 21 Desember kemarin. Bank Mandiri menjadi salah satu dari 21 bank peserta terdaftar BI-Fast tahap pertama.

Baca juga: Selain Bikin Tarif Transfer Antarbank Lebih Murah, Ini Kelebihan BI-Fast

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com