Daftar Negara Penghasil Kelapa Terbesar di Dunia, Indonesia Juaranya

Kompas.com - 25/12/2021, 13:17 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai produsen kelapa terbesar di dunia, Indonesia selalu menempati posisi teratas dalam daftar negara penghasil kelapa terbesar di dunia dari tahun ke tahun.

Fakta ini sekaligus menjadikan Indonesia sebagai negara penghasil kelapa terbesar di Asia Tenggara. Ini memberikan jawaban bagi pembaca yang masih menyimpan pertanyaan terkait hal tersebut.

Negara manakah yang merupakan penghasil kopra terbesar di dunia? Apa nama negara penghasil kelapa atau kopra terbesar di dunia? Apakah kelapa hanya ada di Indonesia?

Baca juga: Ini Daftar Negara Penghasil Lada Terbesar di Dunia

Itulah sederet pertanyaan yang kerap bermunculan di kalangan pmbaca, termasuk yang masih penasaran mengapa Indonesia bisa menjadi negara penghasil kelapa terbesar di dunia.

Simak ulasan berikut ini yang dikutip dari Buku Outlook Komoditas Perkebunan Kelapa yang diterbitkan Kementerian Pertanian (Kementan) pada tahun 2020.

Pusat produksi kelapa dunia

Sentra produksi kelapa butir dunia berdasarkan data FAO tahun 2014-2018 berada di lima negara yaitu Indonesia, Filipina, India, Sri Lanka dan Brasil.

Dari pusat-pusat produksi tersebut, Indonesia menempati urutan pertama sebagai negara produsen kelapa terbesar di dunia dengan rata-rata produksi 18,04 juta ton kelapa butir.

Baca juga: Simak Daftar Negara Penghasil Bawang Putih Terbesar di Dunia

Capaian produksi kelapa Indonesia tersebut berkontribusi sebesar 29,69 persen terhadap total produksi kelapa dunia.

Urutan kedua ditempati oleh Filipina dengan kontribusi 23,71 persen, diikuti oleh India (18,60 persen), Sri Lanka (4,50 persen) dan Brasil (4,21 persen).

Adapun negara-negara lainnya memberikan kontribusi 19,28 persen terhadap total produksi kelapa dunia, yang bahkan tidak lebih besar dari kontribusi produksi kelapa Indonesia.

Konsistensi produksi kelapa Indonesia

Dominasi Indonesia sebagai negara produsen kelapa terbesar di dunia telah berlangsung setidaknya selama lima tahun berturut dari 2014-2018.

Baca juga: Daftar Negara Importir Bawang Putih Terbesar Dunia, Indonesia Juaranya

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.