Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 6 Level Startup, Tak Hanya Unicorn

Kompas.com - 28/12/2021, 06:35 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama ini kita hanya tahu beberapa level startup alias perusahaan rintisan, yang paling sering terdengar adalah unicorn dan cecacorn. Namun ternyata masih ada level startup yang lain.

Sebagai informasi, startup dinilai berdasarkan valuasinya. Angka valuasi ini dijadikan acuan untuk mengukur potensi bisnis perusahaan.

Mengutip situs mime.asia, valuasi adalah nilai ekonomi sebuah perusahaan. Jika suatu startup memiliki valuasi Rp 1 triliun maka jika ada yang ingin mengakuisisinya harus membayar sebanyak Rp 1 triliun.

Semakin banyak pendanaan yang didapatkan perusahaan startup, maka angka valuasinya akan meningkat. Nilai valuasi yang tinggi dinilai memiliki prospek yang sangat bagus dan tentunya dapat menarik banyak investor.

Baca juga: Deretan 10 Negara Termiskin di Dunia

Selama satu dekade terakhir, bisnis startup mulai berkembang pesat di Indonesia. Banyak pebisnis yang mulai membuat perusahaan startup sendiri, meski cukup banyak juga yang tidak berhasil.

Level startup

Perusahaan startup ini ternyata memiliki tingkat atau level yang berbeda dilihat dari angka valuasinya. Berikut enam level valuasi startup:

1. Hectocorn

Startup yang memiliki level hectocorn memiliki nilai valuasi 100 miliar dollar AS atau setara Rp 1.400 triliun. Level hectocorn adalah level valuasi tertinggi perusahaan.

Jika dilihat berdasarkan valuasinya, perusahaan teknologi seperti Apple, Google, Microsoft, Facebook, Oracle, dan Cisco berada di level hectocorn.

Baca juga: 10 Film dengan Modal Cekak Namun Untung Besar

Perusahaan yang mampu mencapai level ini biasanya hanya satu sampai tiga perusahaan baru setiap tahunnya. Tentu saja, hanya perusahaan tingkat dunia yang bisa menempati level ini.

2. Decacorn

Ilustrasi merger Gojek dengan Tokopedia. DOK. GOJEK Ilustrasi merger Gojek dengan Tokopedia.

Perusahaan startup yang berlevel decacorn memiliki valuasi 10 miliar dollar AS atau setara Rp 140 triliun. Perusahaan yang sudah mencapai level ini yaitu Xiaomi, Uber, Airbnb, Dropbox, WeWork, hingga SpaceX.

Perusahaan startup asal Indonesia juga ada yang sudah mencapai level decacorn yakni Gojek Indonesia. Saat merger dengan Tokopedia menjadi perusahaan GoTo, valuasinya ditaksir mencapai Rp 257 triliun.

Namun, jika perusahaan startup sudah mencapai level decacorn akan semakin sulit mencari investor baru. Pasalnya, investor harus memiliki kapasitas pendanaan yang besar.

3. Unicorn

Level valuasi tertinggi ketiga adalah unicorn, dengan nilai valuasi 1 miliar setara Rp 14,1 triliun. Pada level ini masih ada investor yang berani memberikan pendanaan.

Baca juga: 10 Film dengan Biaya Produksi Termahal di Dunia

Perusahaan rintisan atau startupAlifia Putri Yudanti Perusahaan rintisan atau startup

Contoh perusahaan startup yang sudah mencapai level valuasi unicorn adalah Traveloka dan Bukalapak. Baru saja perusahaan Kopi Kenangan bergabung di jajaran startup unicorn setelah mendapat suntikan dana Rp 1,3 triliun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com