Jumlah Penumpang Angkutan Umum Naik 10 Persen Saat Libur Akhir Tahun 2021

Kompas.com - 04/01/2022, 17:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat jumlah penumpang angkutan umum naik 10,71 persen pada masa libur Natal dan Tahun Baru (libur akhir tahun), atau 17 Desember 2021-2 Januari 2022, dibandingkan periode sama di tahun sebelumnya.

Sepanjang periode libur akhir tahun jumlah penumpang angkutan umum mencapai 5.871.300 penumpang, naik dari tahun sebelumnya yang sebanyak 5.303.161 penumpang.

"Secara umum penumpang yang menggunakan angkutan darat, kereta api, laut, dan udara, mengalami peningkatan 10 persen, yang paling banyak adalah di sektor kereta api," ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers virtual, Selasa (4/1/2022).

Baca juga: JFX dan KBI Mencatatkan Volume Transaksi 9,5 Lot pada 2021

Ia mengatakan, angka tersebut menunjukkan banyak masyarakat yang ingin tetap bepergian di masa libur akhir tahun, sebab pemerintah memang memutuskan untuk tidak melakukan penyekatan.

Namun, di sisi lain tetap dilakukan pengetatan protokol kesehatan untuk mitigasi penyebaran virus corona. Di antaranya, wajib sudah vaksinasi Covid-19 dosis kedua bagi penumpang 17 tahun ke atas dan menunjukkan hasil negatif antigen.

"Jadi kita juga memastikan, apa yang dilaksanakan kemarin harus mencegah penyebabran Covid-19. Selama Natal dan tahun baru ini kita tetap harus melakukan pengawasan yang ketat," kata dia.

Budi Karya pun mengklaim, meskipun terjadi peningkatan mobilitas masyarakat, penanganan pergerakan transportasi di masa libur akhir tahun dapat berjalan dengan lancar, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Menurutnya, kelancaran itu tidak lepas dari keterlibatan antara pemangku kepentingan, mulai dari kepolisian, TNI, kementerian/lembaga, pemerintah daerah, operator transportasi, media, masyarakat, dan unsur terkait lainnya.

"Sekalipun pergerakan lebih ramai, namun tetap lancar dan tingkat kecelakaan juga menurun. Ini bisa menjadi pola yang bisa dijalankan kembali di masa Angkutan Lebaran mendatang,” pungkas dia.

Baca juga: Awal 2022, Pemerintah Tarik Utang Rp 25 Triliun

Secara rinci, pergerakan penumpang angkutan umum di masa libur akhir tahun sebagai berikut:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.