Belum Ada Kesepakatan, Mediasi Pemegang Polis Unitlink dan Perusahaan Asuransi Berlanjut

Kompas.com - 12/01/2022, 11:02 WIB
Ilustrasi asuransi dan keuangan Thinkstock/NastcoIlustrasi asuransi dan keuangan
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar forum mediasi antara sejumlah pemegang polis asuransi unitlink dengan tiga perusahaan asuransi yaitu PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri), PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia), dan PT AIA Financial (AIA), pada Selasa (11/1/2022).

Pertemuan itu dilakukan sebagai kelanjutan dari pengaduan sejumlah nasabah unitlink yang merasa dirugikan perusahaan asuransi di DPR RI pada Desember 2021.

Juru Bicara OJK Sekar Putih Jarot mengatakan, melalui mediasi tersebut diharapkan muncul kesepakatan antara kedua belah pihak yang didasari dengan perjanjian yang telah disepakati.

Namun demikian, forum mediasi kemarin belum menemukan solusi bagi kedua belah pihak.

Baca juga: Harga Emas Antam Melonjak Rp 6.000 Per Gram, Ini Rinciannya

“Mediasi yang digelar di Wisma Mulia sejak pukul 14.00 WIB belum mencapai kesepakatan karena suasana pertemuan yang tidak kondusif sehingga pihak asuransi belum sempat menyampaikan opsi penyelesaian,” tutur Sekar dalam keterangannya, Selasa.

Lebih lanjut Ia bilang, OJK berupaya agar kedua belah pihak melanjutkan mediasi di kantor OJK pada hari ini, Rabu (12/1/2022), dengan melibatkan pihak penyidik OJK dari unsur kepolisian.

“Keterlibatan penyidik OJK diharapkan memberikan pandangan hukum terkait kasus ini,” ucapnya.

Sementara itu, dikutip dari Kontan, Koordinator Komunitas Korban Asuransi AXA, AIA, dan Prudential Maria Trihartati mengatakan, OJK memiliki fungsi untuk melindungi masyarakat atas kerugian yang ditimbulkan oleh produk unitlink dari ketiga perusahaan asuransi tersebut.

“OJK dalam hal ini berfungsi bukan hanya sebagai mediator tetapi mempunyai kewenangan tegas untuk menjalankan pembelaan hukum guna melindungi nasabah/konsumen,” kata dia.

Baca juga: Chairul Tanjung: Ekosistem Allo Bank Susah Ditandingi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.