Pengajuan Rencana Impor Barang Sektor Migas di Aceh Bisa Lebih Mudah

Kompas.com - 18/01/2022, 20:05 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Single Submission Minyak dan Gas Bumi (SSm Migas) resmi diimplementasikan di Aceh. Hal itu setelah adanya Memorandum of Understanding (MoU ) antara Lembaga National Single Window (LNSW) Kementerian Keuangan dengan Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA).

Lewat SSm Migas, Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di Aceh dapat memanfaatkan kemudahan dalam pengajuan Rencana Kebutuhan Barang dan Impor (RKBI), Rencana Impor Barang (RIB), dan Masterlist.

Sebelumnya, pengajuan rencana tersebut terpisah pada 3 kementerian atau embaga yaitu SKK Migas, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Baca juga: Durasi Pemadaman Listrik Turun Jadi 6 Jam Per Pelanggan

Kepala LNSWM Agus Rofudin menyampaikan bahw aaplikasi SSm Migas bukanlah semata-mata sistem milik LNSW.

"Aplikasi SSm Migas diharapkan menjadi tonggak penting dalam pemberian layanan terbaik kepada KKKS di wilayah kewenangan Aceh," tulis LNSW dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (18/1/2022).

Kepala BPMA Teuku Mohamad Faisal menyampaikan penggunaan aplikasi SSm Migas merupakan bentuk dari inovasi yang mendorong proses administrasi yang lebih efektif dan transparan, serta sejalan dengan visi LNSW dan visi BPMA.

Penandatanganan MoU ini diharapkan dapat mendukung percepatan pertumbuhan industri migas di Aceh serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara umum di wilayah Aceh sebagai salah satu wujud pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19.

Baca juga: Batik Air Kembali Buka Rute Jakarta-Banyuwangi, Ini Jadwal dan Harga Tiketnya

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.