Mendag Keluarkan Izin Impor Gula Hingga Bawang Putih

Kompas.com - 18/01/2022, 21:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memastikan telah mengeluarkan izin impor untuk kebutuhan pangan.

Hal itu untuk menjamin ketersediaan bahan pangan di Indonesia dan mencegah lonjakan harga. Salah satu izin impor yang telah diberikan adalah gula.

"Gula, impor izinnya sudah saya keluarkan, itu akan menjadi cukup, lebih dari cukup untuk memastikan bahwa kalau terjadi kenaikan harga kita mempunyai stok yang cukup buat kepentingan nasional," ujar Mendag Lutfi saat konferensi pers outlook 2022, Selasa (18/1/2022).

Baca juga: Impor RI Sepanjang 2021 Tembus Rp 2.805 Triliun

Meski begitu, Mendag Lutfi tak menjabarkan jumlah izin impor yang telah diberikan. Selain gula, izin impor juga telah diberikan untuk komoditas lainnya.

Antara lain adalah daging sapi, hingga bawang putih yang mayoritas stoknya berasal dari impor. Diperkirakan pada bulan Januari komoditas tersebut akan mulai masuk ke Indonesia.

"Beberapa barang yang sudah dikeluarkan izinnya akan sampai di pelabuhan Indonesia minggu depan atau minggu terakhir daripada bulan Januari," ungkap Mendag Lutfi.

Percepatan izin impor juga didorong oleh ekonom Universitas Indonesia Mohamad Ikhsan. Ikhsan menyebut impor diberikan terutama bagi komoditas yang mempengaruhi inflasi volatile food.

Baca juga: Kuota Impor Daging Tahun Ini Capai 266.065 Ton

"Perlu disiapkan mitigasi, mungkin kita harus mendorong membuka keran impor pada triwulan satu supaya volatile food ini bisa dijaga," terang Ikhsan.

Hal tersebut ia sampaikan melihat perkembangan harga yang meningkat pada akhir tahun 2021.

Kondisi tersebut dinilai Ikhsan sebagai alarm dalam menghadapi awal tahun 2022. (Abdul Basith Bardan)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Antisipasi Kekurangan, Mendag Pastikan Izin Impor Pangan Sudah Terbit

Baca juga: YLKI Heran, Minyak Goreng Tidak Impor, tapi Dijual Pakai Harga Dunia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.