Giliran Nelayan Parepare Dapat Sertifikat Kapal Gratis dari Kemenhub

Kompas.com - 22/01/2022, 22:19 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali membuka Gerai Maritim Pengukuran Kapal dan pemberian pas kecil secara gratis untuk nelayan di tahun 2022.

Kali ini, Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut membagikan sertifikat kapal kecil tersebut kepada para nelayan di Parepare.

Gerai pengukuran kapal gratis kali ini dilaksanakan oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Parepare.

Baca juga: Pelabuhan Lembar Bersolek dan Diserbu Kapal Pesiar Jelang MotoGP Mandalika

Selain membagikan sertifikat kapal gratis, kegiatan Gerai Maritim di Parepare ini sekaligus membagikan life jacket kepada para Nelayan di Desa Lero Kabupaten Pinrang dalam rangka sosialisasi dan meningkatkan keselamatan pelayaran.

Bupati Pinrang Andi Irwan dan jajarannya sempat mengadakan kunjungan langsung ke lokasi didampingi oleh Kepala Kantor KSOP Parepare Triono pada Jumat (21/1/2022).

Hadir pula Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar Brigjen Pol Hermanta yang dalam hal ini mewakili Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut Arif Toha.

"Saya sangat bangga dan berterima kasih kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang telah hadir di tengah masyarakat nelayan untuk memberikan bantuan sertifikat," ujar Bupati Pinrang Andi Irwan, dalam keterangan resmi, dikutip pada Sabtu (22/1/2022).

Baca juga: Kemenhub Tambah Kapal Perintis di Pelabuhan Wilayah Timur Indonesia

Andi Irwan menjelaskan, hal ini sangat berarti bagi para nelayan. Sebab sertifikat tersebut merupakan tanda bukti hak kepemilikan sebuah kapal.

Adapun life jacket gratis juga sangat penting karena merupakan alat penolong di laut apabila terjadi kecelakaan kapal saat menangkap ikan.

Pas Kecil merupakan dokumen penting yang dapat digunakan sebagai dokumen kepemilikan kapal, Surat Tanda Kebangsaan Kapal, Dokumen Kelengkapan Berlayar selain dapat dijadikan jaminan kredit usaha juga memudahkan pendataan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.