Kompas.com - 23/01/2022, 17:40 WIB

KOMPAS.com - Surat lamaran pekerjaan menjadi begitu penting ketika seseorang akan melamar pekerjaan. Apa apa yang dimaksud dengan surat lamaran pekerjaan?

Pengertian surat lamaran pekerjaan yakni jenis surat pribadi bersifat resmi yang diajukan seseorang ke perusahaan (instansi) agar diterima bekerja sebagai karyawan pada posisi jabatan tertentu.

Surat lamaran pekerjaan biasanya berisi identitas diri, tingkat pendidikan, nomor kontak, dan pengalaman atau kealian yang dimiliki seorang pelamar kerja.

Seringkali, surat lamaran pekerjaan dikirimkan bersamaan dengan curriculum vitae atau CV. Saat melamar kerja, seseorang diharus menulis surat lamaran pekerjaan dengan baik dan benar agar peluang diterima di perusahaan impian makin besar.

Baca juga: 8 Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Baik dan Benar

Dalam surat lamaran pekerjaan, seseorang harus memperkenalkan dan mempromosikan diri secara benar, tanpa perlu mengada-ada. Aspek tersebut yang menjadi satu di antara bahan penilaian pimpinan perusahaan, apakah seseorang tersebut layak diterima atau tidak.

Pengertian surat lamaran pekerjaan

Mengutip Kemdikbud RI, Apa yang dimaksud surat lamaran pekerjaan adalah surat dari seseorang yang memerlukan pekerjaan kepada orang atau pejabat yang dapat memberikan pekerjaan atau jabatan.

Dalam Pedoman Lengkap Menulis Surat (2006) karya Adlan Ali dan Tanzili, surat lamaran kerja adalah surat permohonan yang dibuat oleh pencari kerja (pelamar pekerjaan) untuk dikirimkan kepada badan usaha atau instansi agar mendapat pekerjaan atau jabatan sesuai lowongan pekerjaan yang tersedia.

Melansir The Balance Careers, surat lamaran kerja berisi resume seseorang atau informasi tentang keterampilan dan pengalaman seseorang. Dalam surat lamaran pekerjaan berisi penjelasan tentang kemampuan seseorang agar terpilih sebagai kandidat yang tepat untuk mengisi suatu posisi pekerjaan.

Baca juga: Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Surat lamaran pekerjaan berisi kualifikasi pelamar, yaitu data pribadi pelamar yang dilengkapi lampiran-lampiran sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan atau instansi yang bersangkutan.

Bagian penulisan surat lamaran pekerjaan

1. Tanggal dan lokasi surat lamaran pekerjaan dibuat

Langkah pertama yang harus dilakukan saat menyusun surat lamaran pekerjaan ialah menulis tempat dan tanggal surat tersebut dibuat, contohnya:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.