Menengok Penyebab Mengapa Minyak Goreng Murah Masih Susah Didapatkan di Ritel Modern

Kompas.com - 28/01/2022, 05:34 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan telah menerapkan dan mendistribusikan minyak goreng satu harga yang dibanderol Rp 14.000 per liter.

Langkah ini dilakukan agar seluruh masyarakat bisa mendapatkan minyak goreng dengan harga murah di tengah mahalnya harga minyak goreng, sehingga kebutuhan masyarakat akan minyak goreng terpenuhi.

Baca juga: Mulai 1 Februari 2022, Harga Minyak Goreng Curah Turun Jadi Rp 11.500 Per Liter

Pendistribusian minyak goreng ini pun sudah dilakukan sejak seminggu yang lalu di ritel modern. Artinya, seluruh masyarakat sudah bisa mendapatkan minyak goreng murah di Alfamart, Indomaret, hingga Superindo.

Namun yang tidak disangka-sangka, seminggu program ini berjalan, masyarakat khususnya emak-emak masih ribut lantaran tidak kebagian minyak goreng murah karena habis.

Baca juga: Emak-emak Mengeluh Sulit Dapat Minyak Goreng Murah di Ritel Modern, Kemendag Ungkap Penyebabnya

Lalu sebenarnya apa sih yang menjadi penyebabnya? Apakah karena memang sengaja disimpan di gudang untuk ditumpuk atau memang karena stoknya yang sedikit?

Keluhan ini banyak dilontarkan oleh emak-emak yang sangat peka akan kebutuhan rumah tangga.

Baca juga: Sudah Adakah Minyak Goreng Rp 14.000 Per Liter di Pasar Tradisional? Pedagang: Belum Ada Nih!

Di media sosial Facebook yang berisikan emak-emak Promo Alfamart & Indomaret, mengeluhkan sulitnya dapat minyak goreng murah lantaran stoknya habis.

"Belom pernah dapat minyak promo selama ada minyak murah. Ngomong GX ada stoc kosong dll," tulis pengguna facebook Nova Anggraini dalam postingannya, dikutip Kompas.com, Kamis (27/1/2022).

Baca juga: Ini Nomor Aduan Jika Temukan Penimbun Minyak Goreng atau yang Jual di Atas Rp 14.000 Per Liter

Hal serupa juga dialami emak-emak lain. Pengguna Facebook Dian Yesaku mengaku kesulitan mendapatkan minyak di ritel Alfamart.

Lalu Kompas.com pun mencoba untuk menggali informasi seputar penyebabnya, mulai dari Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) buka suara, ritel Alfamart bahkan ke pemerintah sendiri.

Baca juga: Minyak Goreng Rp 14.000 Langka, Pengusaha Ritel Sentil Produsen dan Distributor

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.