Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CIMB Niaga Bukukan Laba Bersih Konsolidasian Rp 4,1 Triliun

Kompas.com - 21/02/2022, 20:35 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank CIMB Niaga Tbk mencatatkan pertumbuhan laba bersih konsolidasian yang signifikan pada tahun 2021.

Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, sepanjang tahun lalu laba bersih konsolidasian melesat 103,8 persen secara tahun (year on year/yoy) menjadi Rp 4,1 triliun.

"Kami memperoleh hasil yang menggembirakan pada 2021, dengan pertumbuhan laba bersih sebesar 103,8 persen dan double-digit pada Return On Equity (ROE)," ujar dia, dalam keterangannya, Senin (21/2/2022).

Baca juga: CIMB Niaga Luncurkan Layanan Kredit Tanpa Agunan Secara Digital, Ini Cara Mengajukannya

Pertumbuhan laba itu selaras dengan pendapatan bunga bersih CIMB NIaga yang naik tipis, yakni 5 persen secara yoy, menjadi Rp 13,08 triliun.

Kenaikan pendapatan bunga bersih disebabkan oleh penurunan pendapatan bunga yang lebih rendah, dibanding beban bunga bank dengan kode emiten BNGA itu.

Tercatat sepanjang 2021, pendapatan bunga CIMB NIaga terkontraksi 9 persen menjadi Rp 18,86 triliun, dengan beban bunga yang merosot 30 persen secara yoy menjadi Rp 5,7 triliun.

Baca juga: Nasabah CIMB Niaga Bisa Ubah Transaksi Kartu Kredit jadi Cicilan 0 Persen Lewat OCTO Mobile, Berikut Caranya

Adapun jumlah kredit yang disalurkan CIMB Niaga pada tahun lalu mencapai Rp181,6 triliun, yang utamanya dikontribusikan oleh bisnis consumer banking yang tumbuh 9,2 persen secara yoy, kredit pemilikan rumah (KPR) tumbuh 9,1 persen secara yoy, sementara kredit pemilikan mobil (KPM) meningkat sebesar 28,8 persen secara yoy.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com