Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Forum Y20, Menko Airlangga Harap Anak Muda Jadi Agen Perubahan

Kompas.com - 24/02/2022, 14:39 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto berharap anak-anak muda memanfaatkan forum Y20 untuk berbagi pemikiran dan ide kreatif.

Ide-ide tersebut membantu mereka untuk tumbuh dan bertahan dalam situasi pandemi, serta menjadi agen perubahan. Adapun Y20 (Youth 20) adalah salah satu engagement group dari G20.

KTT Y20 akan menghasilkan rekomendasi kebijakan, yakni Komunike Y20, yang akan diberikan kepada para pemimpin negara G20 pada saat closing ceremony Y20 di bulan Juli 2022 mendatang.

Baca juga: PIP: Semakin Banyak Anak-anak Muda yang Memilih Berbisnis

“Pemuda adalah agen perubahan karena mereka paling adaptif terhadap perkembangan, melahirkan ide-ide inovatif dan cepat berinteraksi dengan keunggulan teknologi," ucap Airlangga dalam siaran pers, Kamis (24/2/2022).

Menurut Airlangga, forum Y20 menjadi ajang anak muda berbagi peran. Pasalnya forum tersebut mendukung negara-negara G20 dalam memperkuat sosial dan ekonomi antar negara anggota dalam rangka pemulihan bersama.

Begitu juga memastikan kebijakan yang memungkinkan pertumbuhan inklusif, kuat, dan berkelanjutan dalam konteks pemulihan yang lebih kuat.

"Tidak ada yang bisa memungkiri bahwa pemuda dan pemudi memiliki andil besar dalam upaya pemulihan Covid-19," bebernya.

Duta Besar dan Utusan Tetap RI untuk PBB di New York, Dian Triansyah Djani menambahkan, Y20 merupakan elemen penting dalam diskusi dan dalam proses pengambilan keputusan untuk memperjuangkan exit strategy yang komprehensif.

Menurut dia, Y20 merupakan sebuah sarana diskusi bagi para pemuda di seluruh dunia yang dibagi menjadi beberapa topik. Harapannya dari hasil diskusi, ada gagasan-gagasan para pemuda yang dapat dijadikan landasan.

"Landasan melakukan suatu pembangunan agar tercipta solusi dari segala permasalahan yang melanda dunia," jelas Trian.

Sebagai informasi, Indonesian Youth Diplomacy (IYD) adalah tuan rumah resmi untuk KTT Y20 Indonesia 2022, sesuai surat keputusan dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia.

IYD yang juga merupakan Focal Point bidang Kepemudaan untuk Sherpa G20 Republik Indonesia ini telah melakukan rekrutmen delegasi Indonesia untuk KTT Y20 sejak tahun 2010.

Acara ini akan melibatkan startup-startup yang ada di Indonesia. Dari perwakilan startup, hadir dari industri fintech (financial technology) yakni Pluang yang turut dihadiri oleh Wilson Andrew - VP External Affairs Pluang dan Kartika Dewi - Head of Corporate Communications Pluang.

Baca juga: Negara G20 Sepakat Awasi Perdagangan Aset Kripto

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com