Kompas.com - 02/03/2022, 13:38 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Bank Pembangunan Daerah (BPD) perlu bersinergi dalam upaya mengembangkan potensi sekaligus meningkatkan pertumbuhan perekonomian daerah. 

Hal itu dilakukan oleh PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) dan BPD wilayah lain seperti Bank Bengkulu, Bank Sumut, Bank Kalteng, Bank Jateng. Sejumlah BPD tersebut telah melakukan beberapa pertemuan. 

Sinergi yang ditawarkan bank bjb kepada sesama BPD diharapkan dapat memberikan manfaat positif bagi para pihak yang terlibat, baik dari sisi bisnis maupun secara sharing knowledge.

Baca juga: Daftar Kode Bank BPD di Indonesia, Lengkap

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan, berbagai pengembangan layanan ataupun infrastruktur yang telah bank bjb lakukan dengan mengeluarkan investasi cukup besar dan proses yang memakan waktu, dapat dinikmati juga BPD tersebut.

"Daya tarik melakukan sinergi karena bank bjb telah memiliki pengalaman dan pemahaman yang lebih baik atas karakteristik nasabah ataupun stakeholders, karena kesamaan ekosistem sesama BPD," kata Yuddy melalui keterangan tertulis, Rabu (2/3/2022).

Baca juga: Penyaluran KUR lewat BPD Sudah Menyasar 422.501 Debitur

Yuddy menambahkan, layanan mobile banking bank bjb yaitu DIGI yang telah memiliki fitur setara bank papan atas pun dapat dipergunakan sebagai platform mobile banking BPD tersebut.

Ia juga menyebutkan, dalam konteks pembiayaan dapat dilakukan secara sindikasi atas proyek-proyek strategis daerah dan pastinya akan mengukuhkan peran BPD sebagai agen pembangunan daerah.

"Lain daripada itu, sharing knowledge di bidang manajemen risiko, pengelolaan SDM, dan berbagai bidang lainnya dapat digunakan untuk menyusun bisnis model yang lebih adaptif terhadap perkembangan industri perbankan nantinya," imbuh Yuddy.

Baca juga: OJK: BPD Jadi Bank Lebih Resilience Terhadap Pandemi Covid-19

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.