Daftar Daerah Penyumbang TKI Terbanyak, Indramayu Juaranya

Kompas.com - 06/03/2022, 13:29 WIB


KOMPAS.com – Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri berasal dari berbagai daerah. Indramayu menjadi daerah penyumbang TKI terbanyak.

Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) mengungkap data terkait sejumlah kabupaten/kota yang menjadi daerah pengirim TKI terbanyak.

Jumlah buruh migran Indonesia asal Indramayu berdasarkan data penempatan tahun 2021 adalah sebanyak 5.262 orang.

Baca juga: Ini Negara yang Paling Banyak Diserbu Pekerja Migran Indonesia

Sejak beberapa tahun belakangan, penempatan TKI asal Indramayu memang selalu menjadi yang terbanyak dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia.

Pada tahun 2019 saja, TKI dari Indramayu yang ditempatkan bekerja di luar negeri mencapai 23.435 orang. Adapun di tahun 2020, penempatan TKI asal Indramayu berjumlah 10.076.

Selain Indramayu, sejumlah daerah di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat juga masuk pada 10 besar daerah penyumbang TKI terbanyak.

Berikut urutan daerah pengirim TKI terbanyak berdasarkan data penempatan PMI tahun 2021:

  1. Indramayu
  2. Malang
  3. Blitar
  4. Ponorogo
  5. Kendal
  6. Cilacap
  7. Cirebon
  8. Banyuwangi
  9. Tulungagung
  10. Madiun

Baca juga: Daftar Provinsi dengan Pendapatan Daerah Terendah di Indonesia

Data penempatan TKI 2021

Jumlah Pekerja Migran Indonesia 2021 berdasarkan data penempatan PMI tahun 2021 tercatat sejumlah 72.624 orang terdiri dari 16.809 orang PMI Formal dan 55.815 orang PMI Informal.

BP2MI menyebut, dari data tersebut terlihat bahwa angka penempatan PMI Informal melebihi 75 persen. Artinya, mayoritas TKI yang dikirimkan ke luar negeri adalah PMI Informal.

Adapun berdasarkan jenis kelamin, komposisinya yaitu PMI laki-laki sebanyak 8.769 orang dan PMI perempuan sebanyak 63.855 orang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.