Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Lonjakan Penumpang Saat Mudik Lebaran, AP II Aktifkan Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 06/04/2022, 11:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) menyiapkan strategi penyeimbangan di Bandara Soekarno-Hatta untuk mengantisipasi peningkatan lalu lintas penerbangan selama mudik Lebaran.

Diperkirakan peningkatan lalu linas akan terjadi pada 22 April-13 Mei 2022, di mana arus mudik pada 22 April-1 Mei 2022 dan arus balik pada 4-13 Mei 2022.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan, strategi penyeimbangan ini akan membagi peran 3 terminal untuk melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat.

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Mudik Lebaran, Ini Kesiapan Tim Satgas Jasa Marga

"Kami menjalankan strategi rebalancing dengan mengaktifkan Terminal 1 mulai 1 April 2022 guna melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang rute domestik," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (6/4/2022).

Dengan strategi ini, maka untuk Terminal 1 khususnya Sub Terminal 1A akan melayani penerbangan dari 5 maskapai yakni Airfast, Super Air Jet, Sriwijaya Air, NAM Air, dan AirAsia Indonesia.

Seperti diketahui, Airfast sudah mulai beroperasi di Terminal 1 pada 1 April, kemudian Super Air Jet mulai hari ini. Lalu, disusul Sriwijaya Air, NAM Air dan AirAsia Indonesia pada 12 April mendatang.

Dia menyebutkan, strategi ini dilakukan karena adanya peningkatan lalu lintas penerbangan sejak akhir Maret 2022 di mana saat itu Terminal 2 melayani sekitar 75.000 penumpang per hari.

Kemudian setelah strategi ini diterapkan pada April 2022, maka sebanyak 15.000 penumpang per hari akan pindah dari Terminal 2 ke Terminal 1.

Baca juga: Tiket Kereta Api Mudik Lebaran Telah Terjual 533.438 Tiket

Adapun Terminal 3 setiap harinya melayani sebanyak 46.000 penumpang pesawat.

Dia juga meminta maskapai dan ground handling agar melakukan berbagai persiapan guna mendukung kelancaran operasional penerbangan termasuk pada periode Angkutan Lebaran 2022.

"Kami meminta maskapai dan ground handling dapat dengan baik melakukan persiapan. Kolaborasi yang baik di antara seluruh stakeholder menjadi kunci kelancaran operasional penerbangan," ucapnya.

AP II akan memastikan operasional dan layanan kebandarudaraan pada Angkutan Lebaran 2022 akan jauh lebih baik dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya.

Baca juga: Kemenhub Bakal Gelar Mudik Gratis 29-30 April 2022, Intip Syaratnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com