5 Cara Memperoleh Penghasilan Tambahan untuk Mahasiswa

Kompas.com - 12/04/2022, 14:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat sudah memasuki semester akhir, biasanya mahasiswa sudah tidak memiliki jadwal kuliah yang padat. Kesibukan hanya sebatas mengerjakan skripsi atau menyelesaikan satu atau dua mata kuliah saja.

Namun, bagi kamu mahasiswa perantauan, kamu harus tetap stay di kota tempatmu berkuliah untuk sewaktu-waktu bertemu dengan dosen pembimbing skripsi.

Sehingga walaupun tidak perlu ke kampus setiap hari, hal ini tentu saja tetap membutuhkan biaya untuk membayar kos atau makan sehari-hari.

Baca juga: Ini 5 Pekerjaan dengan Prospek Menggiurkan dalam Beberapa Tahun Mendatang

Nah, agar tidak membebani orang tua sembari menyelesaikan skripsi, kamu bisa mencoba untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Simak cara-cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan seperti yang dirangkum Kompas.com berikut ini:

1. Mengajar kursus privat

Cara ini banyak dilakukan oleh para mahasiswa semester akhir, untuk mengajar siswa-siswa sekolah. Pemilik tempat kursus pun, seringkali membuka lowongan part-time job ini untuk mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi saja. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan mendaftar di kursus-kursus di kota tempatmu berkuliah.

Sebaiknya, kamu memilih untuk mengajar pelajaran yang sesuai dengan jurusan kuliah yang kamu ambil. Sehingga, lebih memudahkan kamu dalam memberikan materi pada siswa kursus. Tentunya kamu juga bisa menambahkan pengalaman kerja ini di CV kamu, yang akan menguntungkan saat mencari pekerjaan setelah lulus nanti.

2. Membuka usaha kecil-kecilan

Semakin mudahnya membuka toko online di platform manapun, dapat kamu manfaatkan untuk memulai bisnismu sendiri. Kamu pasti sudah familiar dengan sosial media untuk memasarkan barang-barang daganganmu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.