KILAS

Eco-Enzyme ANJ Bantu Penanggulangan Covid-19, PMI Berikan Apresiasi

Kompas.com - 13/04/2022, 09:45 WIB

KOMPAS.com - PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) belum lama ini mendapatkan penghargaan dari Palang Merah Indonesia (PMI) atas upaya aktif perusahaan dalam menanggulangi Covid-19.

Upaya penanggulangan Covid-19 tersebut diwujudkan ANJ beserta anak perusahaannya dalam bentuk donasi berupa cairan disinfektan ramah lingkungan “eco-enzyme”.

Adapun penghargaan itu diserahkan secara langsung oleh Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Pengurus Pusat PMI Sumarsono kepada Direktur Human Resources and Change Management ANJ Group Yoomeidinar.

Untuk diketahui, eco-enzyme merupakan hasil fermentasi dari limbah atau kulit buah-buahan serta sayur yang menghasilkan produk multiguna sebagai pengganti bahan kimia di rumah tangga.

Baca juga: Hari Air Sedunia, Empat Ton Cairan Eco Enzyme Dituang ke Danau Sunter

Pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, eco-enzyme dinilai sangat bermanfaat sebagai cairan dIsinfektan yang alami dan ramah lingkungan. Bahkan, cairan ini bisa menggantikan dIsinfektan yang menggunakan bahan kimia.

ANJ sendiri melalui empat anak perusahaannya diketahui telah mendonasikan 2.675 liter eco-enzyme kepada PMI.

Untuk rincian lengkapnya, pertama dari PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM) mendonasikan 1.000 liter eco-enzyme kepada PMI di Belitung.

Kedua, PT Austindo Nusantara Jaya Agri (ANJA) menghibahkan eco-enzyme sebanyak 675 liter kepada PMI di Tapanuli Selatan. Ketiga, PMI di Tapanuli Selatan juga mendapatkan 675 liter dari PT Austindo Nusantara Jaya Agri Siais (ANJAS).

Baca juga: Eco-Enzyme, Cara Memanfaatkan Limbah Dapur untuk Tanaman

Terakhir adalah PT Kayung Agro Lestari (KAL) yang mendonasikan 1.000 liter eco-enzyme kepada PMI di Ketapang.

Sebagai penerima bantuan, PMI merasa sangat bersyukur dengan adanya eco-enzyme, sehingga dapat mendorong pihaknya untuk mengoptimalkan pencegahan Covid-19.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.