Apa Itu Trading? Simak Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Kompas.com - 15/04/2022, 16:00 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini semakin banyak pilihan yang bisa kamu lakukan untuk memperbanyak aset dan kekayaan. Salah satu instrumen populer yang sedang banyak diperbincangkan karena mampu menghasilkan uang dalam jumlah besar di waktu yang singkat adalah trading.

Banyak orang berpikir bahwa trading sama dengan investasi. Padahal, keduanya memiliki sistem kerja yang berbeda. Untuk memudahkan kamu yang ingin terjun ke dunia trading, berikut penjelasan pengertian dan jenis-jenis trading.

Pengertian trading

Trading adalah proses transaksi yang berlangsung dalam pasar finansial di mana sistem kerjanya adalah sering-sering menjual dan membeli aset dalam waktu yang singkat. Di sinilah para trader mendapatkan keuntungan, yakni dengan menjual aset lebih tinggi daripada saat membelinya.

Ini berbeda dengan investasi yang hanya membeli saham dalam satu waktu lalu menahannya dalam waktu yang lama terlebih dahulu.

Baca juga: Telan Korban, Apa itu Robot Trading DNA Pro?

Trading menyangkut pembelian dan penjualan barang dan jasa. Sehingga, penjual bisa mendapat keuntungan dari kompensasi yang diberikan oleh penjual. Kompensasi ini juga bisa dihasilkan dari pertukaran barang dan jasa antar kedua belah pihak.

Trading memang dapat menghasilkan keuntungan besar dalam waktu yang relatif singkat. Namun, untuk mencapai tujuan ini, trader wajib menguasai ilmunya serta kejelian dalam membaca pergerakan pasar.

Jenis-jenis trading

Trading memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda, yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Berikut jenis-jenis trading:

Trading saham adalah aktivitas jual beli saham yang dilakukan dalam waktu yang relatif singkat. Polanya adalah dengan membeli saham saat harganya sedang rendah, dan menjualnya kembali ketika harga sedang melambung tinggi.

Baca juga: Begini Cara Kerja Robot Trading DNA Pro yang Seret Nama Banyak Artis, serta Tips Menghindarinya

Kamu membutuhkan ketelitian untuk memutuskan kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual saham yang kamu miliki. Diperlukan strategi untuk bisa meraih keuntungan ketika terjadi fluktuasi harga saham.

Trading forex adalah jenis perdagangan yang kegiatannya meliputi jual beli mata uang suatu negara dengan mata uang negara lain dengan melibatkan pasar-pasar mata uang utama di dunia. Transaksi ini dilakukan secara terus menerus selama 24 jam tanpa jeda.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.