KILAS

Pastikan Ketersediaan Bahan Pangan Pokok, Kementan Berkolaborasi Gelar Pasar Mitra Tani di Medan

Kompas.com - 17/04/2022, 17:02 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) memantau ketersediaan bahan pangan pokok masyarakat di Kota Medan.

Kegiatan tersebut dilakukan dengan mengunjungi sejumlah pasar tradisional untuk memastikan ketersediaan bahan pangan pokok masyarakat aman dan terjangkau.

Selain itu, jajaran Ditjen PSP Kementan juga menggelar kolaborasi dengan pemerintah daerah (pemda) setempat dengan mengadakan Pasar Mitra Tani. Kolaborasi ini digelar di Lapangan Pertiwi Kelurahan Brayan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Baca juga: Kementan Turun Langsung ke Pasar di Medan untuk Pastikan Ketersediaan dan Harga Bahan Pangan Pokok Aman

Pada kesempatan tersebut, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, menyediakan pangan bagi seluruh rakyat merupakan salah satu tujuan pembangunan pertanian yang dipikul oleh Kementan.

Oleh karena itu, lanjut SYL, ketersediaan pasokan pangan untuk rakyat tidak boleh terganggu, terlebih pada masa Ramadhan dan menjelang Idul Fitri seperti saat ini.

Ia pun mengatakan, dengan pemantauan dan pendirian Pasar Mitra Tani, pihaknya menjamin kebutuhan pangan seluruh rakyat tersedia.

"Saya meminta seluruh jajaran saya untuk memastikan hal tersebut dan melihat lebih dekat dengan turun ke lapangan," kata Mentan SYL dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Minggu (17/4/2022).

Pasar Mitra Tani di Lapangan Pertiwi Kelurahan Brayan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara.Kementerian Pertanian Pasar Mitra Tani di Lapangan Pertiwi Kelurahan Brayan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara.

Direktur Jenderal PSP Kementan Ali Jamil mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut andil menyukseskan pergelaran Pasar Mitra Tani, terutama kepada Gubernur Sumut dan Wali Kota (Walkot) Medan beserta jajarannya.

Ali menjelaskan, Pasar Mitra Tani adalah bentuk eksekusi di lapangan yang langsung menyentuh masyarakat. Hal ini terlihat dari antusiasme masyarakat terhadap harga barang di pasar yang merupakan harga langsung dari distributor.

Baca juga: Lewat Program Taxi Alsintan, Kementan Hibahkan Peralatan Pertanian Modern untuk Petani Banyuasin

“Semoga, dengan event yang konsisten seperti ini (Pasar Mitra Tani), bisa menjaga ketersediaan bahan pokok sekaligus mengendalikan fluktuasi harga," ujarnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.