Menteri PUPR: Jalan Tol dan Non-tol Siap Dilalui Pemudik

Kompas.com - 21/04/2022, 14:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan prasarana jalan nasional tol dan non-tol serta jembatan siap dilalui pemudik pada Lebaran 2022.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, secara umum kesiapan jalan dan jembatan untuk jalur mudik tahun 2022 sudah dalam kondisi yang baik.

Misalnya di Pulau Jawa, seluruh jalan nasional, seperti ruas Pejagan-Purwokerto-Prupuk sudah siap. Perbaikan jalan nasional Lamongan-Gresik juga sudah rampung sehingga diharapkan tidak terjadi kemacetan di ruas jalan tersebut.

"Dari Cirebon ke Cilacap sudah bagus sebagai sirip-sirip jalan Pantura, Tengah dan Selatan. Jadi di Pulau Jawa ini ada 3 jalur, Pantura di Utara, Tengah dan Selatan atau jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela) dengan pemandangannya yang indah," ujar Basuki dalam keterangannya, Kamis (21/4/2022).

Baca juga: Rekrutmen Bersama BUMN 2022, Cek Lowongan PT Taspen untuk Lulusan S-1

Sementara untuk jembatan di Pulau Jawa, terdapat Jembatan Ploso di Kabupaten Jombang dan Jembatan Ngaglik di Kabupaten Lamongan di Provinsi Jawa Timur sudah selesai diperbaiki.

"Jembatan Ploso di Jombang itu yang di atas Sungai Brantas, pengganti dari jembatan lama yang kalau dilalui bergetar dan macet sekarang sudah ada Jembatan Ploso yang sekitar dua minggu lalu sudah kita buka. Sementara Jembatan Ngaglik di Lamongan telah beroperasi dan dapat dilintasi oleh kendaraan mulai Minggu (17/4/2022)," ucapnya

Selanjutnya di Sumatera, Menteri Basuki menyatakan perbaikan Jalan Nasional Lintas Timur (Jalintim) di Sumatera Selatan juga sudah selesai.

"Saya sudah seminggu lalu ke sana, sudah saya minta ditambah menjadi lima tim untuk perbaikan 150 lubang yang ada, dan sekarang sudah selesai," kata dia.

Baca juga: Mudik Lebaran 2022, Menhub: Macet di Gerbang Lebih dari 1 Km, Tarif Tol Digratiskan

Kemudian untuk kesiapan jalan tol di Pulau Jawa dan Sumatera, Menteri Basuki menyatakan sudah siap 100 persen untuk dilalui.

"Hanya untuk tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area saja saya instruksikan perlu segera dipasang toilet sementara berupa bilik-bilik toilet, minimal 50 unit untuk pria dan 50 unit untuk wanita agar tidak terjadi antrean di rest area," tuturnya.

Dengan kesiapan infrastruktur, dia meminta pemudik untuk mematuhi aturan lalu lintas yang disiapkan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia agar terwujud Mudik Aman Mudik Sehat di Lebaran 2022.

Baca juga: AP I Prediksi 2,4 Juta Pemudik Penuhi 15 Bandaranya Selama Mudik Lebaran 2022


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.