Volume Lalu Lintas di Jabodetabek Turun, Naik di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Kompas.com - 02/05/2022, 19:34 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasa Marga terus memantau volume lalu lintas transaksi di beberapa gerbang tol (GT) di ruas jalan tol Transjawa hingga H-1 Jelang Idul Fitri 1443 Hijriah, Minggu (1/5/2022).

Dari data kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek terlihat volume lalu lintas pada GT Cikampek Utama tanggal 1 Mei 2022 (H-1 Lebaran) sebesar 53.342 kendaraan, atau turun 45,77 persen dari volume lalu lintas hari sebelumnya tanggal 30 April 2022 (H-2 Lebaran) sebesar 98.374 kendaraan.

Meski begitu, Marketing and Communication Department Head Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Tody Satria mengatakan, volume lalu lintas di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur justru naik.

Baca juga: Waskita Toll Road Sebut Rest Area di Jalan Tol yang Dikelolanya Tidak Bikin Macet

Di wilayah Jawa Tengah, ada 448.504 kendaraan meninggalkan Semarang melalui Gerbang Tol (GT) Kalikangkung dan GT Banyumanik.

"Angka ini naik 3,38 persen dari lalu lintas normal sebanyak 433.826 kendaraan," ujarnya dalam siaran resminya, Senin (2/5/2022).

Sedangkan Wilayah Jawa Timur, sebayak 486.414 kendaraan meninggalkan Surabaya melalui GT Warugunung dan GT Kejapanan Utama, atau naik 27,58 persen dari lalu lintas normal sebanyak 381.250 kendaraan.

Pihaknya juga mengimbau kepada pengguna jalan tol Transjawa untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan melalui jalan tol.

"Pastikan diri dan kendaraan dalam kondisi prima, selalu mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah (menggunakan masker, cuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan) saat berada di rest area, memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan," pungkas Tody.

Baca juga: Jasa Marga Catat 1,7 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabotabek Selama Periode Mudik

Adapun distribusi volume kendaraan di beberapa gerbang tol lingkup masing-masing wilayah sebagai berikut:

1. Wilayah Jawa Tengah

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.