Bitcoin dan Dogecoin Melemah, Ethereum Menguat, Cek Harga Kripto Hari Ini

Kompas.com - 03/05/2022, 07:46 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pasar aset kripto tampak suram pada pagi ini, Selasa (3/5/2022). Melansir Coinmarketcap pagi ini 8 dari 10 aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar bergerak di zona merah dalam 24 jam terakhir.

Nilai mata uang kripto paling redup adalah Polkadot (DOT) yang ambles 3,17 persen pada level 14,9 dollar AS, Solana (SOL) melemah 2,8 persen pada posisi 87,66 dollar AS, dan Dogecoin (DOGE) turun 1,84 persen di level 0,13 persen.

Pelemahan juga terjadi pada Cardano (ADA) yang turun 1,25 persen di level 0,78 dollar AS, Bitcoin (BTC) pada level 38.543 dollar AS atau melemah 0,05 persen, dan Binance Exchange (BNB) di level 389,9 dollar AS atau terkoreksi 0,34 persen.

Baca juga: Ingat, Mulai Hari Ini, Berlaku Pajak untuk Top Up Uang Elektronik, Pinjol hingga Transaksi Kripto

Namun demikian, Terra (LUNA) naik 1,5 persen pada posisi 84,44 dollar AS, dan Ethereum (ETH) di level 2.858 dollar AS atau menguat 0,7 persen.

Pagi ini Tether (USDT) dan USD Coin (USDC) masing – masing turun 0,02 persen pada posisi 1 dollar AS. Sebagai informasi USDT dan USDC merupakan mata uang kripto golongan stable coin atau jenis mata uang kripto yang dibuat untuk menawarkan harga yang stabil terhadap dollar AS.

Baca juga: Apa Itu Mata Uang Kripto: Definisi, Jenis, dan Untung Ruginya

Mengutip Coindesk, sebagian besar aset kripto diperdagangkan lebih rendah pada hari Senin, merespon penurunan ekuitas global. Bitcoin (BTC), kripto terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar, turun kurang dari sebagian besar kripto alternatif (altcoin) bulan lalu, menunjukkan selera risiko yang lebih rendah secara keseluruhan di antara para pedagang.

Namun, beberapa altcoin naik lebih tinggi, termasuk token AVAX Avalanche, yang naik 4 persen selama 24 jam terakhir tetapi turun 17 persen selama seminggu terakhir.

Secara keseluruhan, baik saham maupun kripto telah mengalami pergerakan harga yang berombak selama beberapa bulan terakhir.

Baca juga: Transaksi Kripto Bakal Dikenakan Pajak, CEO Indodax: Jangan Sampai Geliat Investasi Jadi Lesu...

“Rasio kapitalisasi pasar bitcoin relatif mendominasi terhadap total kapitalisasi pasar kripto. Rasio tersebut meningkat di atas 40 persen sepanjang tahun. Biasanya, rasio dominasi BTC menurun selama periode risk-on karena altcoin mengungguli bitcoin. Selama pasar turun, rasionya naik karena bitcoin mengalami tekanan jual yang lebih sedikit,” seperti dikutip dari Coindesk.

Namun, aliran dana kripto multi-aset terus meningkat tahun ini, yang dapat mencerminkan perlunya diversifikasi di antara investor. Data CoinShares, pada bulan April dana kripto yang berfokus pada bitcoin dan ether menunjukkan arus keluar, sementara dana multi-aset menunjukkan arus masuk.

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual mata uang kripto. Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual mata uang kripto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CoinDesk
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.