Simak Cara Bayar PBB Online lewat KlikIndomaret dengan Mudah

Kompas.com - 05/05/2022, 23:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) saat ini bisa dilakukan melalui berbagai platform. Misalnya bayar PBB online melalui KlikIndomaret atau bayar langsung di Indomaret terdekat.

Bagaimana cara bayar PBB online lewat Klik Indomaret?

Cara bayar PBB online lewat Klik Indomaret cukup mudah dan praktis. Pengguna cukup mengikuti beberapa tahapan sederhana agar pembayaran PBB online berhasil.

Pajak bumi dan bangunan atau PBB adalah pajak yang dipungut atas tanah dan bangunan yang ditanggungkan kepada pemilik. Posisi PBB sama seperti pajak lainnya yang dipungut setiap tahun pembayaran ke wajib pajak.

Baca juga: Cek Jadwal Pencairan Gaji ke-13 PNS dan Besarannya

PBB ini ditanggung oleh perseorangan maupun badan yang mendapatkan keuntungan dan/atau kedudukan sosial ekonomi tertentu atas dasar hak kepemilikan untuk tanah serta bangunan.

Individu perseorangan atau badan yang termasuk dalam wajib pajak tersebut harus segera melunasi pembayaran pajak paling lambat 6 (enam) bulan setelah tanggal diperolehnya Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT).

Tanah dan bangunan yang menjadi objek PBB adalah yang memberikan manfaat, keuntungan ekonomi, atau tanah/bangunan tersebut memiliki status ekonomi.

Adapun yang tidak termasuk objek pajak PBB adalah tanah dan bangunan yang digunakan untuk kepentingan umum, seperti untuk sarana pendidikan, ibadah, kesehatan, lahan pemakaman, dan sejenisnya.

Baca juga: Pindah, Buruh Akan Lakukan May Day Fiesta di Istora Senayan Pada 14 Mei 2022

Meski sudah menjadi rutinitas setiap tahunnya, sebagian wajib pajak masih ada yang terlambat membayar PBB sehingga terkena denda keterlambatan.

Karena itu, penting bagi wajib pajak untuk mengetahui cara bayar PPB secara online maupun offline.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.