Wall Street Ditutup Mayoritas Merah, Nasdaq Naik Tipis

Kompas.com - 13/05/2022, 06:06 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa saham Amerika Serikat atau Wall Street ditutup dengan mayoritas indeks melemah. Aksi jual masih berlanjut, namun indeks acuan saham teknologi Nasdaq berhasil menguat tipis.

Volatilitas di pasar saham AS terjadi beberapa hari belakangan, dan semakin bergejolak usai pemerintah AS merilis inflasi yang kembali tinggi, sebesar 8,3 persen pada bulan April 2022.

Dow Jones Industrial Average (DJIA) tergelincir 103,81 poin atau 0,3 persen menjadi 31.370,30. S&P 500 turun 0,13 persen menjadi 3.930,08 dan Nasdaq Composite ditutup naik tipis 0,06 persen ditutup pada level 11.370,96.

Baca juga: Inflasi AS Naik Lagi, Harga Emas Dunia Menguat

Keith Lerner dari Truist mengatakan, saat ini pasar saham masih dalam tren melemah jangka pendek. Hal ini terjadi karena aksi jual investor yang cukup besar di tengah kekhawatiran akibat ramainya sentimen negatif dalam beberapa hari terakhir.

“Kita saat ini berada pada trend bearish, ada reli dalam pasar bearish yang bisa sangat tajam, setidaknya dalam jangka pendek, akibat adanya oversold membuat indeks memerah beberapa hari terakhir,” kata Lerner dikutip dari CNBC.

Dia menjelaskan bursa saham AS saat ini masuk dalam wilayah bearish, seperti S&P 500. Dari trend bearish, Nasdaq menjadi satu – satunya indeks yang telah jatuh ke level terendahnya yakni turun 30 persen, dari rekor sebelumnya.

“Menurut pendapat saya, pasar saat ini cenderung bergerak tidak menggunakan logika rasional,” kata Jim Lebenthal dari Cerity Partners.

Baca juga: Inflasi AS Naik Lagi, Wall Street Berakhir Merah, Saham–saham Teknologi Rontok

Saham – saham di Nasdaq mulai bangkit, dimana saham Lucid melonjak 13,2 persen, sementara GameStop dan AMC meroket masing - masing 30 persen dan 20 persen. Rivian Automotive juga naik sekitar 18 persen, dan Carvana melesat hampir 25 persen. Saham Apple kehilangan 2,7 persen dan Disney ditutup turun sekitar 0,9 persen. Sementara itu, saham Amazon dan Meta Platforms ditutup naik lebih dari 1 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.