ASN Bisa Kerja dari Mana Saja, Bagaimana dengan Tunjangannya?

Kompas.com - 13/05/2022, 14:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) diwacanakan akan menerapkan pola kerja baru, yakni bisa bekerja di mana saja (work from anywhere/WFA). Namun, selama pandemi Covid-19, ASN/PNS ini telah menjalani kerja dari rumah (work from home/WFH).

Lantas apakah ada perubahan dari gaji maupun tunjangan ASN/PNS yang terapkan pola WFA nantinya?

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo ketika dikonfirmasi oleh Kompas.com, belum dapat berkomentar banyak dari usulan BKN tersebut.

Baca juga: Serba-serbi WFA Buat ASN, Mulai dari Gaji hingga Jabatannya

"Usul BKN (terkait WFA ASN) belum dibahas di Kementerian PANRB jadi belum bisa komentar," kata dia saat dihubungi, Jumat (13/5/2022).

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama BKN Satya Pratama mengatakan, memang saat awal pandemi hingga kini, ASN/PNS telah mendapat tunjangan tambahan untuk kelancaran pekerjaan selama WFH.

Namun, lanjut Satya, anggaran untuk teknologi informasi dan komunikasi (TIK) tersebut tak disebutkan secara detil karena menjadi ranah Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Tetapi mengenai WFA ASN, untuk gaji dikatakan tidak mengalami perubahan.

"Kalau gaji sudah ada aturannya, tunjangan (WFA) yang mungkin perlu dikaji lebih lanjut. Untuk yang dua tahun belakangan (sejak pandemi) kementerian lembaga dan instansi menganggarkan dukungan penggunaan TIK," jelasnya.

Satya bilang, anggaran TIK untuk ASN/PNS selama WFH hingga kini masih diberikan.

"(Anggaran TIK) ada di Standar Biaya Masukan (SBM 2022)," ujarnya.

Baca juga: ASN Bisa Kerja dari Mana Saja, Bagaimana Memantau Kinerjanya?

Diberitakan sebelumnya, ASN/PNS tidak menutup kemungkinan akan menerapkan sistem WFA. BKN memastikan, kehadiran ASN bakal tetap terpantau meskipun bekerja dari mana saja. Satya menyebutkan, BKN sudah menyiapkan aplikasi yang akan digunakan ASN untuk WFA.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.