Kompas.com - 23/05/2022, 13:27 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berencana untuk melanjutkan pertumbuhan kinerja kredit usaha rakyat (KUR) yang progresif pada tahun ini.

Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto mengatakan, hal tersebut sejalan dengan tren pemulihan ekonomi, sekaligus upaya strategis BNI dalam mendorong kinerja mitra debitur UMKM.

Ia bilang, bank dengan kode emiten BBNI itu merupakan agen penyalur KUR pemerintah yang proaktif mencari potensi pertumbuhan ekonomi baru di segmen UMKM.

Oleh karenanya, perseroan memiliki 3 strategi utama yang digunakan untuk mendukung mendongkrak kinerja KUR tahun ini.

Baca juga: Syarat dan Cara Mengajukan Pinjaman KUR BNI 2022

Pertama, perseroan mendorong penyaluran KUR berbasis klaster yang salah satunya dengan fokus menggarap potensi sektor pertanian daerah.

Kemudian, bank pelat merah itu juga akan meningkatkan pembiayaan kepada mitra debitur korporasi melalui skema value chain.

"Terakhir kami menggunakan tools digitalisasi kredit serta kerjasama dengan mitra strategis untuk mendukung optimalisasi big data UMKM yang akhirnya mempercepat penyaluran sekaligus meningkatkan kualitas kredit," ujar Sis Apik, dalam keterangannya, dikutip Senin (23/5/2022).

Baca juga: Semakin Diminati Petani, Serapan KUR Pertanian Tembus Rp 39,337 Triliun

Lebih lanjut Ia melaporkan, kredit KUR BNI per April 2022 telah mencapai Rp47,6 triliun dengan peningkatan 28,9 persen secara tahunan (year on year/yoy).

BNI juga dipercaya oleh pemerintah untuk mendapat tambahan alokasi KUR hingga Rp 38 triliun per 2022, naik 22,7 persen dibandingkan  2021 senilai Rp 30,95 triliun.

"Upaya yang kami lakukan ini adalah untuk menjaga momentum pertumbuhan segmen UMKM BNI. Tentunya tren ini akan terus dipertahankan sehingga dapat membantu lebih banyak pelaku UMKM mampu meningkatkan kinerjanya pada tahun ini," ucap Sis Apik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.