Wall Street Menghijau, Saham–saham Perbankan Meroket

Kompas.com - 24/05/2022, 06:53 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com – Bursa saham Amerika Serikat atau Wall Street ditutup menguat pada Senin (23/5/2022) waktu setempat (Selasa WIB). Menghijaunya Wall Street terjadi setelah para investor kembali membeli saham – saham perbankan yang melemah selama beberapa pekan terakhir.

Dow Jones Industrial Average (DJIA) menguat 1,98 persen atau naik 618,34 poin. Kemudian, S&P 500 naik sekitar 1, 86 persen menjadi 3.973,75, dan Nasdaq Composite naik di posisi 11.535,28 atau menguat 1,59 persen.

Ross Mayfield, analis strategi investasi di Baird mengatakan, kenaikan Wall Street perlu diamati lebih dalam, seberapa lama ketiga indeks mampu bertahan pada level ini. Kenaikan di awal pekan, menurut dia didukung oleh aksi investor yang mulai melakukan aksi beli, setelah Wall Street mengalami tren penurunan.

Baca juga: Inflasi Global Melonjak, Simak Prospek Saham Sektor Konsumer, Infrastruktur, dan Telekomunikasi

“Kenaikan sempat gagal beberapa kali selama beberapa minggu terakhir. Indeks saat ini bergerak lebih tinggi meskipun ada hambatan, seperti pertumbuhan ekonomi yang melambat, valuasi yang meningkat, kenaikan suku bunga, dan ketakutan akan resesi,” kata Mayfield mengutip CNBC.

Wayne Wicker, kepala investasi di MissionSquare Retirement mengatakan, dengan begitu banyak saham yang mengalami penurunan signifikan tahun ini, tidak mengejutkan jika Wall Street menguat. Hanya saja, dengan tekanan yang terjadi volatilitas akan berlanjut.

“Tidak mengejutkan melihat kenaikan indeks hari ini. Namun, dengan tantangan terkait dengan inflasi, kenaikan suku bunga, dan kondisi geopolitik, saat ini kita memasuki bulan-bulan musim panas dimana investor harus bersiap akan volatilitas lanjutan dalam waktu dekat,” kata Wicker.

Saham JPMorgan meroket 6,2 persen, dan Citi Group juga melesat 6 persen. Sementara Wells Fargo dan Bank of America masing-masing melejit lebih dari 5 persen. Ross Stores dan TJX juga berada di peringkat teratas pada hari Senin, dengan kenaikan sekitar 9,6 persen dan 4,2 persen.

Saham VMWare melonjak lebih dari 24,9 persen setelah perusahaan berencana mengakuisisi perusahaan layanan cloud. Sementara itu, Saham Broadcom turun 3,1 persen, dan saham Electronic Arts naik 2,3 persen.

Pada pekan ini, investor menantikan laporan keuangan kuartal pertama tahun 2022, dari perusahaan layanan virtual konferensi, Zoom Video, dan laporan kuartalan perusahaan pembuat chip, NVIDIA.

Baca juga: Rupiah dan IHSG Kompak Melemah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.