Jokowi Tekankan Kerja Sama Global Buat Mitigasi Bencana di Masa Depan

Kompas.com - 27/05/2022, 12:00 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS. com - Presiden RI, Joko Widodo menekankan perlunya komitmen global untuk menghadapi setiap bencana yang melanda dunia.

Pasalnya, potensi bencana terus ada di masa depan. Di Indonesia sendiri, ada sekitar 139 gunung api aktif yang letusannya mengancam masyarakat.

Tercatat dari 2015-2021, ada sekitar 121 letusan gunung api di Indonesia. Kebakaran hutan dan lahan pun menjadi salah satu bencana yang mengancam masyarakat.

“Dibutuhkan komitmen global untuk mengimplementasikan manajemen resiliensi dari bencana demi pembangunan yang berkelanjutan,” kata Jokowi dalam pertemuan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) dikutip Kompas.com, Jumat (27/4/2022).

Baca juga: Bekali Pengetahuan Mitigasi Bencana, Dompet Dhuafa Gelar Pelatihan Jurnalis Siaga

Jokowi memaparkan, sebagai negara yang berisiko tinggi mengalami bencana, Indonesia dituntut untuk memiliki konsep mitigasi bencana yang tepat.

Untuk itu pemerintah melakukan berbagai langkah, seperti membuat sistem peringatan dini dan membangun kesadaran masyarakat akan bencana.

Adapun saat ini, untuk membantu menghadapi berbagai macam bencana, Indonesia sudah melakukan investasi di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi, termasuk memastikan transfer teknologi dan akses pendanaan untuk risiko bencana berjalan dengan baik.

“Kesiapan dan manajemen resiliensi yang tepat sangat memengaruhi seberapa banyak kerugian yang dialami,” sebutnya.

Baca juga: Bank Dunia: Kerugian RI akibat Kebakaran Hutan Capai Rp 72,95 Triliun

Sebagai informasi, GPDRR/Platform Global untuk Pengurangan Risiko Bencana adalah pertemuan multipemangku kepentingan yang diselenggarakan oleh United Nations Office for Disaster Risk Reduction (UNDRR) setiap tiga tahun.

Misinya untuk meninjau kemajuan, berbagi pengetahuan, serta mendiskusikan perkembangan dan tren terbaru dalam upaya pengurangan risiko bencana.

Sebagai tuan rumah GPDRR ke-7 tahun, Indonesia mengangkat tema From Risk to Resilience: “Towards Sustainable Development for All in a Covid-19 Transformed World".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.