Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alim Markus Lepas Saham Kepemilikan Bank Maspion ke Bank Asal Thailand

Kompas.com - 30/05/2022, 16:00 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemegang saham PT Bank Maspion Indonesia Tbk sepakat untuk melepas kepemilikan saham kepada perusahaan asal Thailand, Kasikorn Vision Financial Company Pte, LTD atau KVF.

Berdasarkan dokumen yang diunggah ke situs keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, para pemegang saham Bank Maspion yang terdiri dari,  PT Alim Investindo, PT Maspion, PT Husin Investama, PT Maspion Investindo, dan lima pemegang saham individu telah menandatangani perjanjian penjualan saham atau conditional sale and purchase agreement (CSPA) dengan KVF.

Melalui perjanjian itu, KVF yang merupakan anak usaha Kasikornbank Public Company Limited atau KBank akan melakukan pembelian saham gabungan pemegang saham Bank Maspion dan membeli saham baru yang diterbitkan dalam penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD).

Baca juga: Kredit Perbankan Tumbuh 9,1 Persen pada April 2022

Adapun penjualan saham yang akan dilakukan masing-masing pemegang saham ialah, PT Maspion sebesar 12,46 persen kepemilikannya, PT Alim Investindo 8,17 persen, Husin Investama 2,81 persen, Maspion Investindo 2,46 persen, dan lima pemegang saham individual sebesar 2,46 persen.

Dengan aksi  pembelian saham dari pemegang saham eksisting serta pembelian saham rights issue, KVF dan Kasikornbank akan mengambil alih kepemilikan Bank Maspion dari Alim Markus, dengan porsi kepemilikan saham perseroan sebesar 67,5 persen.

Baca juga: Saat Bos Maspion Doakan AHY Jadi Presiden...

Dalam dokumen tersebut juga disebutkan, aksi jual beli itu diharapkan dapat memberikan akses yang lebih luas kepada layanan jasa perbankan oleh Bank Maspion kepada investor-investor Thailand yang telah menanamkan modalnya di Indonesia.

"Terutama investasi-investasi yang dilakukan di lokasi yang sama dengan lokasi kantor pusat dan jaringan kantor cabang perseroan yang tersebar di beberapa kota besar Indonesia," tulis dokumen tersebut, dikutip Senin (30/5/2022).

Adapun penyelesaiakn transaksi akan dilakukan setelah dapat persetujuan dari Bank of Thailand, seluruh persyaratan di CSPA dipenuhi,  persetujuan OJK atas uji kemampuan dan kepatuhan terhadap  KVF dan Kasikornbank, persetujuan pemegang saham perseroan dan rights issue BMAS mendapat pernyataan efektif dari OJK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com