Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alim Markus Lepas Saham Kepemilikan Bank Maspion ke Bank Asal Thailand

Kompas.com - 30/05/2022, 16:00 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemegang saham PT Bank Maspion Indonesia Tbk sepakat untuk melepas kepemilikan saham kepada perusahaan asal Thailand, Kasikorn Vision Financial Company Pte, LTD atau KVF.

Berdasarkan dokumen yang diunggah ke situs keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, para pemegang saham Bank Maspion yang terdiri dari,  PT Alim Investindo, PT Maspion, PT Husin Investama, PT Maspion Investindo, dan lima pemegang saham individu telah menandatangani perjanjian penjualan saham atau conditional sale and purchase agreement (CSPA) dengan KVF.

Melalui perjanjian itu, KVF yang merupakan anak usaha Kasikornbank Public Company Limited atau KBank akan melakukan pembelian saham gabungan pemegang saham Bank Maspion dan membeli saham baru yang diterbitkan dalam penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD).

Baca juga: Kredit Perbankan Tumbuh 9,1 Persen pada April 2022

Adapun penjualan saham yang akan dilakukan masing-masing pemegang saham ialah, PT Maspion sebesar 12,46 persen kepemilikannya, PT Alim Investindo 8,17 persen, Husin Investama 2,81 persen, Maspion Investindo 2,46 persen, dan lima pemegang saham individual sebesar 2,46 persen.

Dengan aksi  pembelian saham dari pemegang saham eksisting serta pembelian saham rights issue, KVF dan Kasikornbank akan mengambil alih kepemilikan Bank Maspion dari Alim Markus, dengan porsi kepemilikan saham perseroan sebesar 67,5 persen.

Baca juga: Saat Bos Maspion Doakan AHY Jadi Presiden...

Dalam dokumen tersebut juga disebutkan, aksi jual beli itu diharapkan dapat memberikan akses yang lebih luas kepada layanan jasa perbankan oleh Bank Maspion kepada investor-investor Thailand yang telah menanamkan modalnya di Indonesia.

"Terutama investasi-investasi yang dilakukan di lokasi yang sama dengan lokasi kantor pusat dan jaringan kantor cabang perseroan yang tersebar di beberapa kota besar Indonesia," tulis dokumen tersebut, dikutip Senin (30/5/2022).

Adapun penyelesaiakn transaksi akan dilakukan setelah dapat persetujuan dari Bank of Thailand, seluruh persyaratan di CSPA dipenuhi,  persetujuan OJK atas uji kemampuan dan kepatuhan terhadap  KVF dan Kasikornbank, persetujuan pemegang saham perseroan dan rights issue BMAS mendapat pernyataan efektif dari OJK.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+