Jaringan Blockchain Ini Luncurkan Media Transfer Aset Digital Berbiaya Murah

Kompas.com - 01/06/2022, 18:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jaringan blockhain Everscale, meluncurkan mekanisme Universal Bridge, Octus Platform. Mekanisme ini memungkinkan pengguna yang memiliki aset di blockhain manapun dapat mentransfer aset ke jaringan lain dengan biaya murah dan cepat.

Mekanisme transfer aset secara cepat dan murah juga menjawab tantangan skalabilitas dalam decentralized finance (DeFi) yang biasanya membutuhkan waktu lama untuk konfirmasi.

Adapun skalabilitas adalah salah satu metrik penting dalam jaringan blockchain. Skalabilitas merupakan jaringan yang memiliki kemampuan untuk memproses banyak transaksi. Namun jika terlampau "macet", transaksi pada protokol DeFi bisa menjadi sangat mahal.

Baca juga: Mengenal Blockchain, Teknologi yang Dapat Dukung Perekonomian Nasional

"Jika jaringan tidak memiliki skala kapasitas yang diperlukan untuk menangani basis pengguna yang besar, waktu transaksi dan biaya transaksi akan meningkat," tulis Everscale dalam siaran pers, Rabu (1/5/2022).

Salah satu contoh masalah skalabilitas tecermin dari transaksi Ethereum saat ini. Waktu transaksi jaringan yang lambat dan biaya selangit membuat para pengguna biasa tak dapat menikmati manfaatnya.

Pada salah satu pertukaran terdesentralisasi besar, biaya yang harus dibayar oleh pengguna mencapai ribuan dolar untuk transaksi berbasis Ethereum.

"Everscale dan Universal Bridge dibangun untuk dapat menangani sejumlah besar pengguna. Sejak Everscale diluncurkan, kami berupaya memberikan pengguna sebuah layanan yang sepenuhnya terdesentralisasi, aman, dan pengalaman DeFi dengan skala tanpa batas," tuturnya.

Dengan demikian, mekanisme ini mampu mengirim likuiditas dari blockchain yang satu ke blockchain lainnya. Universal Bridge mendukung semua daftar token paling populer dari beberapa blockchain terbesar, termasuk Uniswap, Pancakeswap, Spookyswap, dan lain-lain.

Di sisi lain, pengguna dapat mentransfer beragam jenis token, mulai dari BSC, Ethereum, Polygon, dan Matic ke blockhain Everscale.

Total Value Locked (TVL)-nya setara dengan 36,6 juta dollar AS dan nilai total yang ditransfer/TVT setara dengan 70,4 juta dollar AS. Adapun TVL adalah metrik yang digunakan untuk mengukur kesehatan DeFi atau imbal hasil di pasar secara keseluruhan.

Angka dalam TVL adalah angka total aset yang sedang terkunci dalam protokol tertentu.

"Mekanisme Universal Bridge yang digunakan secara luas dapat mengubah cara pengguna memanfaatkan DeFi dan membuka pintu bagi pengguna biasa yang tidak bisa menghabiskan dana besar untuk mentransfer aset mereka dari satu blockchain ke blockhain yang lain," sebutnya.

Baca juga: Marak Investasi Bodong, DPR Minta Bappebti Tidak Mudah Berikan Izin Perdagangan Kripto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.