Untar untuk Indonesia
Akademisi

Platform akademisi Universitas Tarumanagara guna menyebarluaskan atau diseminasi hasil riset terkini kepada khalayak luas untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Orientasi Masa Depan Menjadikan Petani Lebih Maju

Kompas.com - 02/06/2022, 08:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Yohannes C.Y. Simatupang, Hanny Lyana dan Naomi Soetikno

SEMUA manusia pasti memiliki cita-cita ketika hari tua nanti bisa menikmati masa pensiun dengan bersantai tanpa harus memikirkan beban.

Bagaimana cara petani untuk mewujudkan cita-cita tersebut? Tentunya dengan mempunyai bekal untuk berfokus pada pemikiran yang berorientasi pada masa depan.

Apakah arti dari orientasi masa depan? Orientasi masa depan adalah cara pandang dan pola pikir petani tentang kemungkinan yang bisa terjadi di masa mendatang.

Jadi, petani yang berfokus dengan orientasi masa depan menjadikannya sebagai bekal untuk bertahan hidup atau mempersiapkan diri pada setiap kemungkinan yang akan datang.

Menurut Ginanjar (2004) orientasi masa depan adalah bagaimana seseorang merumuskan dan menyusun visi kedepan dengan membagi orientasi jangka pendek, menengah, dan jangka panjang.

Orientasi Masa Depan dibagi dalam tiga dimensi proses psikologis, yaitu motivasi, perencanaan, dan evaluasi.

Motivasi pasti menjadi langkah pertama keinginan petani untuk menentukan tujuan yang ingin dicapai pada masa yang akan datang. Kemudian menyusun rencana dan menetapkan strategi untuk tujuan yang ingin dicapai.

Selain itu, harus memikirkan kemungkinan baik atau buruk dari keputusan yang diambil. Dan yang terakhir melakukan evaluasi saat melaksanakan rencana yang sudah disusun apakah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Mengapa orientasi masa depan itu penting? Dengan menerapkan orientasi masa depan, maka petani akan mempu untuk merasakan hal seperti di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.