Laba Bersih Produsen Tembakau Ini Melonjak 94,4 Persen di Kuartal I-2022

Kompas.com - 03/06/2022, 16:30 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indonesian Tobacco Tbk (ITIC), produsen tembakau iris membukukan laba bersih di kuartal I-2022 sebesar Rp 3,8 miliar, atau meningkat 94,4 persen dibandingkan kinerja periode sama tahun lalu sebesar Rp 1,9 miliar.

Direktur Utama Djonny Saksono mengatakan perolehan laba bersih ini ditopang oleh pendapatan bersih perseroan sebesar Rp 59,5 miliar pada kuartal I-2022, meningkat 29,9 persen atau Rp 13,7 miliar dibandingkan dengan kuartal I-2021 sebesar Rp 45,8 miliar.

“Kinerja yang baik ini adalah hasil dari pertumbuhan penjualan, perbaikan distribusi dan pemerataan area penjualan yang diiringi dengan inisiatif perbaikan kualitas produk dan pengendalian biaya demi peningkatan kualitas performa keuangan dan perbaikan kinerja yang lebih baik secara berkelanjutan,” kata Djonny secara virtual, Jumat (3/6/2022).

Baca juga: Kementerian BUMN: Tak Ada Kebijakan Menghambat Sponsorship Formula E Jakarta

Pertumbuhan kinerja ini juga diiringi dengan peningkatan EBITDA yang dibukukan sebesar Rp 11,6 miliar pada kuartal I-2022, meningkat 17,2 persen atau Rp 1,7 miliar dibandingkan dengan kuartal I-2021 sebesar Rp 9,9 miliar.

Djonny mengatakan, dengan adanya perbaikan perekonomian dan kestabilan sosial politik di Indonesia dan adanya perubahan keadaan dari pandemi Covid-19 menjadi endemi Covid-19, serta ditunjang paket stimulus yang diprakarsai oleh pemerintah pusat, maka akan terus meningkatkan pemulihan ekonomi.

“Di masa mendatang, Perseroan akan mempertahankan pemaksimalan pertumbuhan pendapatan. Adanya perubahan gaya hidup pasca pandemi Covid-19 dan kenaikan cukai di awal tahun 2022 akan memberikan dampak positif dan peluang bagi Perseroan,” kata Djonny.

Baca juga: Biaya Transaksi Ethereum Turun, Apa Dampaknya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.