Daftar 10 Kota Termahal di Dunia, Hong Kong Masih Menempati Posisi Pertama

Kompas.com - 09/06/2022, 13:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan ECA International merilis daftar tahunan 10 kota termahal di dunia untuk ditinggali tahun 2022.

Penyusunan daftar tahunan ini berdasarkan beberapa faktor, seperti harga rata-rata kebutuhan rumah tangga seperti susu dan minyak goreng, sewa, utilitas, angkutan umum, dan kekuatan mata uang lokal.

Hong Kong menempati posisi pertama dalam tiga tahun berturut-turut sebagai kota termahal di dunia untuk ditinggali pada tahun ini.

Baca juga: Daftar 10 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia

Asia menjadi benua termahal untuk ditinggali karena lima kota di Asia masuk dalam daftar ini, yaitu Hong Kong, Tokyo, Shanghai, Guangzhou, dan Seoul. Ada juga kota dari Timur Tengah, yaitu Tel Aviv yang menempati peringkat 6 dalam daftar ini.

Direktur Regional ECA untuk Asia, Lee Quane menjelaskan, beberapa kota di China masuk ke dalam daftar kota termahal di dunia karena mayoritas kota di China memiliki tingkat inflasi yang tinggi. Meskipun umumnya masih lebih redah dari kota lain di Asia.

"Oleh karena itu, alasan utama kenaikan peringkat mereka adalah berlanjutnya kekuatan yuan China terhadap mata uang utama lainnya," ucapnya.

Sementara itu, Paris yang sebelumnya menduduki puncak daftar kota termahal di dunia, pada tahun ini berhasil keluar dari peringkat 30 besar.

Hal yang sama juga terjadi pada kota Madrid, Roma, dan Brussels.

"Hampir setiap kota besar di zona euro mengalami penurunan peringkat tahun ini karena kinerja euro lebih buruk dalam 12 bulan terakhir daripada dolar AS dan pound Inggris," jelasnya.

Baca juga: 5 Kopi Termahal di Dunia, Ada yang Berasal dari Indonesia

Dia melanjutkan, faktor eksternal seperti politik dan konflik internasional juga dapat berperan menurunkan peringkat kota-kota besar tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.