Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah 5 Sekolah Termahal di Indonesia, SPP-nya hingga Ratusan Juta Rupiah

Kompas.com - 23/05/2022, 22:47 WIB
Siti Maghfirah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dana pendidikan anak menjadi salah satu fokus utama orangtua yang dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Para orangtua bahkan telah mengalokasikan sebagian penghasilan atau tabungan untuk biaya pendidikan anak, apalagi jika ingin menyekolahkan anak di sekolah termahal di Indonesia.

Saat ini biaya sekolah semakin beragam, tergantung fasilitas dan kebijakan sekolah masing. Orangtua bisa menyesuaikannya dengan kemampuan finansial, agar tak memberatkan di kemudian hari.

Namun, ada beberapa orang menyekolahkan anak di sekolah paling mahal dengan tujuan untuk mendapatkan fasilitas terbaik.

Apabila Anda memiliki keinginan untuk menyekolahkan anak di sekolah internasional, sepertinya harus siap-siap untuk merogoh kocek dalam-dalam. Sebagai gambaran, inilah daftar 5 sekolah termahal di Indonesia:

Baca juga: Soal Elon Musk Investasi di RI, Luhut: Tidak Semudah Menjentikkan Jari

1. Global Jaya School

Sekolah yang berlokasi di Tangerang Selatan, Banten, ini memiliki jenjang sekolah mulai dari TK-A hingga IB Diploma (setara SMA). Dilansir dari website Global Jaya School, saat ini terdapat lebih dari 600 siswa yang bersekolah di sana.

Sekolah yang dibangun oleh Jaya Group milik Ciputra ini memiliki fasilitas-fasilitas berstandar internasional, seperti lapangan tenis, sepakbola, basket, gym, dan teater yang sangat luas untuk acara-acara pentas seni.

Fasilitas yang mentereng ini tentu dibarengi dengan biaya sekolah yang tinggi pula. Biaya pengembangan mencapai Rp 23 juta, dibayarkan setiap setahun sekali. Sementara SPP berkisar antara Rp 63,8 juta hingga Rp 149,6 juta setiap tahunnya.

2. SMA Dwiwarna (Islamic Boarding School)

Terletak di Bogor, Jawa Barat, sekolah ini berkonsep islamic school atau asrama pesantren. SMA Dwiwarna menyediakan fasilitas asrama yang nyaman dengan setiap ruangan full AC dan furnitur yang modern. Sarana olahraga seperti lapangan basket, futsal, hingga area memanah juga dapat dinikmati oleh para siswa.

Biaya yang dipatok untuk bersekolah di sini terdiri dari uang pangkal yang mencapai Rp 60 juta, uang seragam dan buku paket senilai Rp 4,5 juta, dan SPP tiap bulannya adalah Rp 6,5 juta.

Baca juga: Ini Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia 2022 Versi Forbes

3. British School Jakarta

Gedung sekolah British School Jakarta.Dok. BSJ Gedung sekolah British School Jakarta.

Sekolah yang terletak di Tangerang Selatan, Banten, ini mengangkat kultur negara Inggris dalam pembelajaran sehari-hari. Jenjang pendidikannya tersedia mulai dari kindergarten, primary school, dan secondary school.

Fasilitasnya meliputi kolam renang yang memiliki standar olimpiade, sport centre, dance studio, serta kesempatan untuk bersekolah sepak bola yang berpartner langsung dengan Manchester City Football School.

Untuk perincian biaya sekolah per tahun mulai dari jenjang pendidikan SD yang mencapai Rp 308 juta, SMP di angka Rp 353 juta, hingga International Baccalaureate dengan nominal Rp 387 juta.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com