Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia 2022 Versi Forbes

Kompas.com - 22/05/2022, 19:21 WIB
Siti Maghfirah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Forbes kembali merilis daftar 50 orang terkaya di dunia dan berbagai negara, termasuk daftar orang terkaya di Indonesia 2022.

Jumlah kekayaan orang-orang yang masuk dalam daftar ini, berdasarkan pada aset yang dimiliki baik perusahaan publik maupun pribadi, real estate, koleksi mobil, perhiasan, pesawat. Namun, untuk menghargai bisnis pribadi yang dimiliki seseorang, Forbes menghitung dengan cara menggandakan perkiraan keuntungan.

Lalu, siapa saja konglomerat Indonesia yang masuk dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia versi Forbes tahun 2022? Dikutip dari Forbes Real Time Billionaires pada Minggu (22/5/2022), simak daftarnya berikut ini:

1. R. Budi Hartono dan Michael Hartono (Grup Djarum)

Di peringkat pertama adalah Hartono bersaudara dengan jumlah kekayaan masing-masing mencapai 21,4 miliar dollar AS atau sekitar Rp 313,9 triliun dan 20,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 302 triliun.

Selain menempati peringkat pertama orang terkaya di Indonesia, Hartono bersaudara juga menempati peringkat 64 dan 69 orang terkaya di dunia.

Baca juga: Ternyata Indonesia Punya Saham di IMF, Berapa Persen?

2. Chairul Tanjung (CT Corp)

Bertengger di posisi kedua adalah Chairul Tanjung pemilik CT Corp dengan jumlah kekayaan mencapai 7,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 110 triliun. Chairul Tanjung juga menempati peringkat 263 orang terkaya di dunia tahun 2022.

3. Sri Prakash Lohia (Indorama Corporation)

Sementara itu di peringkat ketiga adalah Sri Prakash Lohia pemilik Indorama Corporation dengan jumlah kekayaan mencapai 6,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 96,8 triliun. Ia juga menduduki posisi 403 orang terkaya di dunia, naik dari peringkat 404 pada 2021.

4. Prajogo Pangestu (Grup Barito)

Menduduki peringkat selanjutnya adalah Prajogo Pangestu pemilik Grup Barito dengan jumlah kekayaan mencapai 5,4 miliar dollar AS atau sekitar Rp 79,2 triliun. Prajogo juga menempati posisi 471 dunia, turun dari peringkat 404 pada tahun 2021.

Baca juga: Ini Jurus Sri Mulyani Keluarkan Indonesia dari Middle Income Trap

5. Low Tuck Kwong (Bayan Resources)

Peringkat lima orang terkaya di Indonesia versi Forbes adalah Low Tuck Kwong pemilik Bayan Resources yang bergerak di sektor batu bara. Kekayaannya mencapai 4,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 54 triliun.

Selain menempati peringkat kelima orang terkaya di Indonesia, Low juga berada di posisi 801 orang terkaya di dunia, naik drastis dari posisinya tahun lalu yakni 2.524.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com