Inilah Deretan Mal Terbesar di Indonesia, Nomor Satu Bukan di Jakarta

Kompas.com - 20/06/2022, 21:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mal merupakan salah satu tempat favorit yang paling banyak dikunjungi saat weekend. Karena, berbagai aktivitas bisa dilakukan dalam satu tempat saja. Seperti, tempat untuk berkumpul, makan, berbelanja, tempat bermain anak-anak, dan lain-lain.

Meskipun memiliki jumlah mal yang banyak, ternyata mal terbesar di Indonesia tidak terletak di Jakarta. Lalu, di manakah mal terbesar di Indonesia berada?

Direktur Utama Pakuwon Group sekaligus Anggota Dewan Pembina Asosiasi Pengusaha Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alexander Stefanus Ridwan mengatakan, mal terbesar dan terluas di Indonesia adalah Pakuwon Mall Surabaya.

Luas area sewa atau nett leasable area (NLA) efektif Pakuwon Mall Surabaya adalah 180.000 meter persegi atau 18 hektar. "Dengan NLA seluas ini, menjadikannya sebagai mal terbesar dan terluas di Indonesia," kata Stefanus, dikutip dari Kompas.com.

Berikut deretan mal terbesar di Indonesia:

Baca juga: B20 Dorong Penguatan UMKM Lewat Kolaborasi Antar Sektor

1. Pakuwon Mall, Surabaya

Pakuwon Mall awalnya didirikan pada tahun 2003 dengan nama Supermall Pakuwon. Kemudian pada tahun 2017 berganti nama menjadi Pakuwon Mall dan secara resmi dibuka untuk publik dengan kelengkapan fasilitas convention center, ballroom, dan atrium multifungsi.

Pakuwon Mall memiliki luas 18 hektar dan terletak di area superblok seluas 30 hektar. Pembangunan tahap pertama dirancang oleh Design Development Group (DDG) dari Baltimore, Amerika Serikat. Kemudian, PT Pakuwon Jati Tbk selaku pengembang meneruskan pembangunan dengan menggandeng DP Architect Singapore.

2. Tunjungan Plaza, Surabaya

Beroperasi sejak 1986, Tunjungan Plaza memiliki luas 17,5 hektar dan terdapat 600 toko di dalamnya. Sebagai pusat perbelanjaan superblok, TP terintegrasi dengan Hotel Four Point dan Hotel Sheraton.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.