Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Minta Semua Waspada: Ancaman Krisis Pangan dan Energi Terjadi di Semua Negara...

Kompas.com - 23/06/2022, 13:03 WIB
Fika Nurul Ulya,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, ancaman krisis pangan dan krisis energi terjadi di semua negara. Dia meminta semua pihak waspada dengan kondisi ekonomi dan politik yang mengancam krisis tersebut.

"Ancaman krisis pangan dan ancaman krisis energi telah terjadi di semua negara," kata Jokowi dalam acara Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan atas LKPP Tahun 2021 oleh Badan Pemeriksa Keuangan di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (23/6/2022).

Jokowi mengungkapkan, kewaspadaan itu diperlukan lantaran tantangan yang dihadapi tidak akan mudah dan penuh ketidakpastian.

Baca juga: Ekonomi 60 Negara Diprediksi Ambruk, Bagaimana dengan Indonesia?

"Tantangan yang kini dan ke depan kita hadapi tidak semakin mudah. Kita masih dalam situasi yang penuh ketidakpastian yang mengharuskan kita semua harus tetap waspada," ucapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut, ketidakpastian berasal dari situasi ekonomi dan politik global yang tengah bergejolak.

Belum pulih dari dampak pandemi Covid-19 dalam 2 tahun terakhir, dunia kini dihadapi dengan gangguan rantai pasok akibat perang Rusia-Ukraina.

Akibatnya, beberapa negara maju maupun berkembang di dunia mengalami tingkat inflasi tinggi yang memaksa bank sentral harus memperketat likuiditas dengan menaikkan suku bunga acuan.

Baca juga: Jokowi: Sumber Daya Alam Melimpah Tak Ada Artinya jika Tak Dikelola oleh SDM Unggul

"Dampaknya ke mana-mana, yang dampak ekonominya kemana-mana, memicu peningkatan inflasi di seluruh negara dan seluruh dunia," ucap Jokowi.

Oleh karena itu, dia meminta kondisi dunia saat ini menjadi pemahaman semua pihak, termasuk pemerintah pusat, kepala lembaga, dan pemerintah daerah.

"Situasi ini harus menjadi pemahaman kita bersama agar kita memiliki kepekaan yang sama, perasaan yang sama, menyikapi, menyiapkan respons dan kebijakan yang tepat di semua tatanan lembaga negara di seluruh jajaran pemerintah dari pusat sampai ke daerah," sebut Jokowi.

Baca juga: Ini Pesan Manis Luhut kepada Jokowi yang Berulang Tahun ke-61

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com