Per Mei 2022, BI Catat Kredit Perbankan Tumbuh 9,03 Persen

Kompas.com - 23/06/2022, 18:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren pesatnya pertumbuhan kredit perbankan berlanjut hingga Mei 2022, selaras dengan masih tingginya permintaan pembiayaan dari berbagai sektor.

Bank Indonesia (BI) mencatat, fungsi intermediasi perbankan meningkat 9,03 persen secara tahunan (year on year/yoy) per Mei 2022.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, pertumbuhan kredit terjadi di seluruh kelompok bank dan hampir di seluruh sektor ekonomi, terutama pada segmen kredit Korporasi dan UMKM, seiring berlanjutnya pemulihan aktivitas korporasi dan rumah tangga.

"Intermediasi perbankan pada Mei 2022 melanjutkan perbaikan dibandingkan bulan sebelumnya dengan pertumbuhan kredit sebesar 9,03 persen secara year on year," ujarnya, dalam konferensi pers, Kamis (23/6/2022).

Baca juga: Penipuan Bermodus Media Sosial Palsu Perbankan Marak, Apa yang Perlu Dilakukan Nasabah?

Lebih lanjut Ia menjelaskan, dari sisi penawaran, standar penyaluran kredit perbankan tetap longgar, terutama di sektor perdagangan, industri, dan pertanian seiring membaiknya persepsi risiko kredit.

Dari sisi permintaan, pemulihan kinerja korporasi terus berlanjut, tercermin dari perbaikan penjualan yang selanjutnya meningkatkan permintaan pendanaan perbankan, kemampuan membayar, dan belanja modal korporasi.

"Pertumbuhan kredit UMKM juga meningkat sebesar 16,97 persen (yoy) pada Mei 2022," kata Perry.

Pertumbuhan kredit juga diikuti dengan kualitas pinjaman yang terjaga, tercermin dari rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) sebesar 3 persen secara bruto dan 0,83 persen secara neto.

Meskipun penyaluran kredit terus melesat, rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR) perbankan April 2022 tetap tinggi sebesar 24,28 persen, selaras dengan dana pihak ketiga (DPK) yang tumbuh 9,93 persen secara yoy.

"Bank Indonesia terus mendorong perbankan untuk meningkatkan penyaluran kredit kepada sektor prioritas dan inklusif," ucap Perry.

Baca juga: Tak Ikut-ikutan The Fed, BI Masih Pertahankan Suku Bunga Acuan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.