Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wall Street: S&P 500 dan Nasdaq Menguat, Dow Jones Terkoreksi Tipis

Kompas.com - 06/07/2022, 07:20 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - Indeks utama bursa Amerika Serikat atau Wall Street ditutup bervariasi pada akhir perdagangan Selasa (5/7/2022), dengan indeks S&P 500 dan Nasdaq menguat. Sementara itu, indeks Dow Jones terkoreksi tipis.

Mengacu kepada data RTI, indeks Dow Jones Industrial Average ditutup turun 129,44 poin atau 0,42 persen menjadi 30.967,82, indeks S&P 500 naik 6,06 poin atau 0,16 persen ke 3.831,39, dan indeks Nasdaq Composite menguat 194,39 poin atau 1,75 persen ke 11.322,24.

Baca juga: Rupiah Nyaris Rp 15.000 per Dollar AS, Sri Mulyani Pastikan Ekonomi RI Tetap Terjaga

Dilansir dari CNBC, Rabu (6/7/2022), investor masih dibayang-bayangi kekhawatiran pertumbuhan ekonomi yang berpotensi menghadapi resesi, didorong oleh lonjakan inflasi berbagai jenis komoditas.

Sebagaimana diketahui, bursa Amerika Serikat tercatat mengalami pelemahan dalam 4 pekan dari 5 pekan terakhir, di mana indeks S&P 500 telah terkoreksi 20 persen dari level tertingginya.

Chief Economic Advisor Allianz Mohamed El-Erian mengatakan, saat ini Wall Street juga menyoroti pergerakan harga komoditas dan strategi bank sentral AS, The Federal Reserve (The Fed), dalam menangani inflasi tersebut.

Baca juga: Minyak Kita Diluncurkan Hari Ini, Solusi Mendag Atasi Mahalnya Migor

"Penetapan harga dalam perlambatan menjadi sentimen utama pasar AS, dan penetapan harga pada kenyataan bahwa Fed dipaksa menaikan suku bunga menjadi perlambatan," kata dia, dikutip dari CNBC.

Sentimen tersebut kemudian membuat emiten teknologi menguat, dan mendongkrak kinerja Nasdaq. Tercatat saham Docusign dan Zoom Video masing-masing menguat sebesar 6,7 persen dan 8,5 persen.

Baca juga: Erick Thohir Nasihati Mahasiswa: Jangan Hanya Sibuk Pergerakan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com