Menakar Prospek Motor Listrik di Indonesia, Bagaimana Potensinya?

Kompas.com - 14/07/2022, 09:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pamor motor listrik belakangan sedang naik daun. Motor ini disebut-sebut lebih lebih hemat dan tentu saja ramah lingkungan.

Namun, kehadirannya belum dapat serta merta menggantikan eksistensi dari motor konvensional. Lalu bagaimana sebenarnya prospek motor listrik di Indonesia?

CEO Volta iwan Suryaputra menjelaskan, prospek motor listrik ke depan sangat cerah. Di Indonesia, transformasi dari kendaraan roda dua berbasis bensin menuju Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) sendiri masih berada di tahap awal.

Baca juga: Luhut Usulkan Kendaraan Listrik Beroperasi di Lokasi Destinasi Wisata

"Potensi dari pembelian kendaraan roda 2 berbahan bakar bensin itu sekitar 7 juta unit di Indonesia. Sementara itu, dari tahun ke tahun transformasi ke kendaraan roda dua berbasis listrik semakin besar. jadi prospeknya sangat cerah, pasar yang tersedia luas sekali," kata dia Rabu (13/7/2022).

Ia menambahkan, salah satu yang jadi faktor keengganan masyarakat untuk beralih ke motor listrik adalah terkait keberadaan battery swab system.

Oleh karena itu, selain menyediakan pilihan motor yang beragam, Volta juga terus memperbanyak tempat penggantian batrei mereka. Saat ini kurang lebih ada 100 titik tempat yang dapat digunakan untuk mengganti batrei atau stasiun ganti batrei.

Menanggapi hal tersebut, Head of Investor Relation MCAS Stanley Tjandra menjelaskan, harapannya stasiun ganti batrei Volta dapat ditemukan di setiap 7 km jalanan di Jakarta.

"Memang yang kami lihat salah satu kendala masyarakat agak ragu menggunakan motor listrik itu adalah maslah charging dari batrei," ungkap dia.

Stanley juga mengatakan, Volta menawarkan harga untuk penukaran batrei sangat terjangkau dan kompetitif untuk motor listrik.

Baca juga: Blue Bird Akan Tambah 50 Unit Kendaraan Listrik di 2022

Tidak hanya digunakan untuk pemakaian harian, Volta juga telah jadi kendaraan operasional dari ekpedisi, misalnya Si Cepat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.