Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibuka Menguat, IHSG Bergerak Fluktuatif Pagi Hari Ini

Kompas.com - 22/07/2022, 09:48 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak fluktuatif cenderung menguat pada awal perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jumat (22/7/2022) hari ini.

Melansir data RTI, IHSG dibuka menguat pada sesi perdagangan hari ini. Setelah ditutup pada level 6.864,13 pada sesi Kamis (21/7/2022) kemarin, pagi hari ini IHSG dibuka pada level 6.871,51.

Tidak berselang lama, IHSG sempat merosot dan bergerak di zona merah. Namun sampai dengan pukul 09.30 WIB IHSG berada pada level 6.868,95 atau menguat 4,8 poin (0,07 persen) dibandingkan dengan penutupan sebelumnya.

Baca juga: Suku Bunga BI Masih di Level Terendah, Bagaimana Proyeksi Pergerakan IHSG Hari Ini?

Sebanyak 247 saham melaju di zona hijau dan 159 saham di zona merah. Sedangkan 202 saham lainnya stagnan. Adapun nilai transaksi hingga saat ini mencapai Rp 2,1 triliun dengan volume 5,1 miliar saham.

Sementara itu, bursa Asia lain terpantau menguat, di mana Nikkei, Hang Seng Hong Kong, Shanghai Komposit, dan Straits Times masing-masing menguat sebesar 0,22 persen, 0,58 persen, 0,51 persen, dan 0,8 persen.

Baca juga: Reli Kenaikkan Wall Street Masih Berlanjut

Sebelumnya, Research Analyst Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper mengatakan, dengan kebijakan dovish BI yang menandakan kondisi perekonomian nasional masih relatif terjaga, pada sesi perdagangan hari ini IHSG akan bergerak cenderung menguat.

“Secara teknikal candlestick membentuk higher high dan higher low berpotensi menguat dan uji resistance terdekat di MA50,” kata dia.

Adapun untuk pergerakan hari ini, level support IHSG diproyeksi bergerak di rentang 6.817-6.771. Sementara itu, level resistance IHSG berada pada rentang 6.901-6.938.

Baca juga: Ekonom Nilai Langkah BI Pertahankan Suku Bunga Acuan Sudah Tepat

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com