Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank BRI Salurkan KUR Rp 1,3 Triliun ke UMKM Karawang hingga Juli 2022

Kompas.com - 05/08/2022, 21:20 WIB
Farida Farhan,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

KARAWANG,KOMPAS.com - Hingga Juli 2022, Bank BRI telah menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp 1,3 Triliun ke pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Karawang.

Regional CEO BRI Jakarta 2 Prasetya Sayekti mengatakan, angka penyaluran KUR pada 2022 jauh lebih tinggi dibandingkan tahun 2021. Pada tahun lalu tercatat penyaluran pinjaman modal KUR sebesar Rp 1,6 triliun lebih. Sedangkan, per Juli 2022 penyaluran KUR sudah mencapai Rp 1,3 triliun lebih.

"Pinjaman modal KUR disalurkan selama pandemi ini menjadi konsep pemerintah untuk berikan stimulus dalam situasi yang sulit," kata Prasetya di acara Pesta Rakyat Simpedes di Lapangan Galuh Mas Karawang, Jumat (5/8/2022).

Baca juga: BRI Danareksa Gelar Promo Fee Transaksi Saham 0,1 Persen, Simak Ketentuannya

Bupati Karawang Cellica Nurrchadiana mengapresiasi acara Pesta Rakyat Simpedes tersebut. Pasalnya, acara itu menghadirkan ratusan pelaku UMKM dan band serta artis ternama di Indonesia. Pesta Rakyat Simpedes ini digelar pada Jumat (5/8/2022) hingga Minggu (7/8/2022).

"Atas nama pemda, pak kapolres, ucapkan terima kasih. Dan atas nama masyarakat Karawang juga terima kasih, karena hari ini hingga dua hari ke depan ada pesta yang terbesar," kata Cellica.

Cellica mengatakan, pesta rakyat yang melibatkan 300 pelaku UMKM itu membantu peningkatan perekonomian masyarakat. Sebab, 70 persen UMKM yang terlibat acara ini berasal dari Karawang.

Dia meyakini animo masyarakat yang tinggi datang ke acara ini karena sudah lama sekali merindukan sebuah hiburan.

Baca juga: Ini Ancang-ancang BRI Jika OJK Tak Perpanjang Relaksasi Restrukturisasi Kredit UMKM

Apalagi bintang tamu yang datang itu dari artis terkenal di Indonesia. Dari sana, masyarakat yang datang tentu bisa sambil membeli produk UMKM yang ada di acara tersebut.

Cellica juga meyakini Pesta Rakyat Simpedes mampu meningkatkan okupansi hotel di sekitar lokasi. Sebab, masyarakat yang datang tidak hanya dari Karawang, ada juga dari sekitar Karawang seperti Subang, Purwakarta hingga Bekasi.

"Pasti ada pengaruh okupansi hotel, karena saya tanya ada pelaku UMKM dari Subang saya tanya, ibu nginep atau pulang pergi. Mereka jawab nginep di hotel. Belum fans para artis-artis yang tampil ini tentu bisa jadi mereka menginap di Karawang," ungkap dia.

Baca juga: BRI Optimistis Penyaluran Kredit Tahun Ini Capai 9-11 Persen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com