Jadi Pengelola Pelabuhan Ajibata dan Ambarita, ASDP: Permintaan Masyarakat Tinggi

Kompas.com - 17/08/2022, 13:25 WIB

TOBA, KOMPAS.com - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah resmi menjadi pengelola Pelabuhan Ajibata dan Pelabuhan Ambarita di Kawasan Danau Toba, Sumatera Utara pada Senin (15/8/2022).

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi mengatakan, pihaknya memiliki pengalaman profesional dalam pengelolaan pelabuhan khususnya pelabuhan yang berada termasuk dalam destinasi pariwisata prioritas seperti Danau Toba.

Ia mengatakan saat ini ASDP memiliki tiga kapal yang beroperasi dari Pelabuhan Ajibata dan Pelabuhan Ambarita di Pulau Samosir.

"Sejak itu 2018 ASDP hadir, kemudian berkembang lagi, sekarang totalnya yang kita operasikan ada tiga kapal. Resminya dioperasikan tanggal 16 Agustus 2022 kita mulai resmi mengelola pelabuhannya," kata Ira saat ditemui di Danau Toba, Kabupaten Toba, Rabu (17/8/2022).

Baca juga: Sri Mulyani Ungkap Anggaran Subsidi Energi Bisa Jebol

Ira mengatakan permintaan masyarakat dan wisatawan terhadap layanan kapal penyeberangan ini cukup tinggi.

Ia mengatakan, dari laporan yang diterimanya, tercatat 3.500-7.000 kendaraan per bulan yang menyeberang dari Pelabuhan Ajibata menuju pelabuhan Ambarita di Pulau Samosir.

"Jadi sangat tinggi (permintaan masyarakat), ketika kami ASDP ada (di pelabuhan Ajibata), orang lumayan berbondong-bondong menggunakan kapal-kapal kami," ujarnya.

Lebih lanjut, Ira berharap kehadiran ASDP dapat mengukuhkan dukungan pemerintah terhadap transportasi penghubung menuju Pulau Samosir.

"Jadi kami menjadi perpanjangan tangan kehadiran negara," ucap dia.

Untuk diketahui, kapal motor penyebarangan (KMP) dari Pelabuhan Ajibata beroperasi sebanyak lima kali sehari. Sementara itu, khusus akhir pekan (weekend) kapal beroperasi sebanyak tujuh kali sehari.

Baca juga: Menteri ESDM: Pengolahan dan Pemurnian Mineral Kritis Wajib Dilakukan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.